Tampil Bersama RANS Nusantara FC Malam Ini, Sederet Fakta Ronaldinho

Ronaldinho.jpg
(AFP)


RIAUONLINE - Kabar Ronaldinho yang tampil bersama RANS Nusantara FC menghebohkan para pecinta olahraga sepak bola. Mantan pemain terbaik dunia itu tiba di Indonesia pada Jumat, 24 Juni 2022.

Malam ini, Minggu 26 Juni 2022 pukul 20.30 WIB, Ronaldinho akan tampil bersama RANS Nusantara FC pada laga Trofeo yang akan digelar di stadon Kanjuruhan. Para penggemar sepak bola Indonesia, sontak gempar mengetahui pemain idolanya akan bertanding di Tanah Air.

Di balik itu semua, ternyata ada sejumlah fakta yang belum diketahui orang tentang Ronaldinho. Apa saja?

Ronaldinho lahir di Kota Porto Alegre, ibuota negaa bagian Rio Grande do Sul, Brazil. Ia lahir dari seorang wanita bernama Dona Miguelina Eloi Assis dos Santos.

Dulunya, ibu Ronaldinho adalah seorang pedagang yang kemudian mempelajari ilmu keperawatan. Sedangkan sang ayah, bernama João de Assis Moreira merupakan seorang pekerja di galangan kapal, dan dulunya juga merupakan seorang pemain sepak bola untuk klub lokal bernama Cruzeiro Esporte Clube.

Pada saat Ronaldinho berusia delapan tahun, ayah Ronaldinho terkena serangan jantung fatal. Setelah itu, kakak Ronaldinho, Roberto, menandatangani kontrak dengan Grêmio lalu pindah ke sebuah rumah yang ada di bagian Guarujá, seperti dilansir dari Suara.com, Minggu, 26 Juni 2022.

Rumah baru tersebut merupakan hadiah yang ditujukan oleh Roberto untuk tetap bertahan di klub dari Grêmio. Namun sayang, karir Roberto berakhir karena mengalami cedera.


Ronaldinho mengembangkan hobinya di bidang sepak bola sejak berusia 8 tahun. Julukan pertamanya adalah Ronaldinho karena ia merupakan pemain termuda dan pemain terkecil pada pertandingan klub remaja.

Ronaldinho mengembangkan keterampilannya di futsal dan sepak bola pantai, hingga kemudian meluas untuk permainan sepak bola besar yang terorganisir.

Saat berusia 13 tahun, Ronaldinho mulai mendapat sorotan media setelah ia mencetal sebanyak 23 gol dalam semua kemenangan 23-0 melawan tim lokal.

Perjalanan karirnya tersebut tidak terlepas dari jasa-jasa keluarganya yang turut mendampingi. Roberto yang merupakan kakak dari Ronaldinho bertindak sebagai manajer, sedangkan adiknya bernama Deisi bekerja sebagai seorang koordinator persnya.

Pada Juli 2003, Ronaldinho pindah dari Paris Saint-Germain (PSG) ke Barcelona. Di tahun itu pula, bintang Brasil itu menolak tawaran Mancherster United.

Ia lebih memilih Barcelona,tetapi hal itu justru tidak membuat kariernya redup sebagai pesepakbola hebat di dunia. Bersama Barcelona Ronaldinho sudah sejumlah gelar.

Di antaranya Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, dan Liga Champions. Bahkan ia mendapat Ballon dOr pada 2005 ketika berseragam Barcelona.

Di tahun 2005, Ronaldinho pernah menjalin kerja sama dengan brand sepatu ternama Nike. Kariernya yang gemilang membuat Nike tertarik untuk menjadikan Ronaldinho sebagai bintang iklan produk olahraga asal Amerika Serikat tersebut.

Iklan yang dibintangi oleh Ronaldinho tersebut meledak dan menjadi fenomenal di media sosial YouTube.

Pada 2005, tepatnya 25 Februari Ronaldinho dikabarkan menjadi seorang ayah untuk pertama kalinya. Istrinya yang merupakan seorang penari Brasil bernama Janaína Mendes melahirkan seorang putra yang diberi nama João, nama yang sama dengan mendiang ayah Ronaldinho.