5 Pemain Liverpool di Balik Sukses Jadi Kampiun Piala FA Usai Tekuk Chealsea

Liverpool18.jpg
(Hannas McKay/Reuters via Kumparancom)


RIAU ONLINE - Chealsea akhirnya bertekuk lutut kepada Liverpool dalam partai final PIala FA 2021/22 di Stadion Wembley. Liverpool berhasil keluar sebagai kampiun lewat adu penalti dengan skor 6-5 setelah bermain hingga babak tambahan, Sabtu, 14 Mei 2022.

Sepakan gol dari Kostas Tsimikas yang sukses mengeksekusi penalti terakhir merobek sisi kiri gawang yang dijaga Edouard Mendy. Gol dari pemain asal Yunani itu sekaligus memberikan kepastian bagi Liverpool untuk merengkuh trofi Piala FA.

Hasilnya, Liverpool berhak mengangkat Piala FA 2021/22. Kemenangan itu turut mengakhiri penangtian 16 tahun The Reds setelah terakhir kali menang pada Piala FA pada musim 2005/06.

Lantas, siapa saja pemain Liverpool yang tampil apil pada laga ini? Sebagaimana dilansir dari Kumparan yang mengutip dari Sofascore, berikut ini di antaranya:

1. Trent Alexander-Arnold

5 Pemain Liverpool yang Tampil Apik saat Tekuk Chelsea di Final Piala FA (1)

Trent Alexander-Arnold (Toby Melville/REUTERS)

Trent Alexander-Arnold menunjukkan performa yang caiamik di laga ini. Bek kanana asal Inggris itu mampu menjaga kesolidan lini belakang, sekaligus apik dalam membantu penyerangan.

Pemain berusia 23 tahun ini bermain penuh selama partai final berlangsung. Dalam urusan bertahan, ia berhasil melakukan empat sapuan dan tiga tekel sukses. Untuk urusan membantu penyerangan, dirinya mengirimkan empat umpan kunci, enam krosing sukses dan membuat satu peluang emas. Saat adu penalti, Arnold mencatatkan satu gol bagi Liverpool.

2. Alisson Becker

5 Pemain Liverpool yang Tampil Apik saat Tekuk Chelsea di Final Piala FA (2)


Alisson Becker (Russell Cheyne/REUTERS)

Alisson Becker yang tampil sebagai starter di bawah mistar gawang, yang sukses membayar kepercayaan dari Juergon Klop melalui penampilan apiknya.

Sepanjang laga final, pemain asal Brasil ini berhasil melakukan dua penyelamatan penting bagi Liverpool. Tak hanya itu, ia juga berhasil menepis tendangan Mason Mount ketika babak adu penalti berlangsung.

3. Thiago Alcantara

5 Pemain Liverpool yang Tampil Apik saat Tekuk Chelsea di Final Piala FA (3)

Thiago Alcantara (Phil Noble/REUTERS)

Thiago Alcantara menjadi pemain selanjutnya yang tampil apik. Selama 120 menit bermain sebagai gelandang, ia sukses menjadi penyalur bola bagi penyerang The Reds.

4. Jordan Henderson

5 Pemain Liverpool yang Tampil Apik saat Tekuk Chelsea di Final Piala FA (4)

Jordan Henderson (Carl Recine/Reuters)

Bertindak sebagai kapten, Jordan Henderson sukses memimpin rekan-rekannya bermain apik selama laga berlangsung. Ia berperan langsung dalam bertahan maupun menyerang.

Saat menyerang, ia mencatatkan satu krosing sukses ke daerah pertahanan lawan. Untuk urusan bertahan, Henderson berhasil melakukan satu sapuan dan tiga tekel bersih terhadap lawan.

5. Luis Diaz

5 Pemain Liverpool yang Tampil Apik saat Tekuk Chelsea di Final Piala FA (5)

 Luis Diaz (Action Images via Reuters/Peter Cziborra)

Terakhir ada Luis Diaz. Wingers asal Kolombia itu aktif menyisir sisi penyerangan The Reds selama bermain. Banyak peluang yang diciptakannya saat bermain di posisi tersebut.

Total enam tembakan dilesakkan oleh pemain ini selama permainan berlangsung. Satu diantaranya sukses mengarah ke gawang, sedangkan empat tembakan melenceng dan satu tembakannya sukses dimentahkan oleh Edouard Mendy. Selain itu, eks pemain FC Porto itu juga membuat dua tekel sukses.