Marco van Basten Minta Menir Erik Ten Hag Jangan Depak Ronaldo dari MU

RonaldoMU10.jpg
(Via Suara.com/Ian Kington / IKIMAGES / AFP])

RIAU ONLINE, MANCHESTER-Pelatih Manchester United yang baru Erik ten Hag diminta mempertahankan Cristiano Ronaldo di Manchester United.  Permintaan itu dilontarkan Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten.

Dia meminta striker 37 tahun itu dianggap masih bisa memberikan banyak hal untuk tim.

Cristiano Ronaldo menjadi salah satu nama yang diisukan bakal didepak oleh Errik ten Hag ketika resmi menjabat sebagai manajer Manchester United awal musim depan.

Erik ten Hag yang dinilai senang membangun tim dengan para pemain muda dianggap tak akan cocok dengan Cristiano Ronaldo yang sudah berusia 37 tahun.

CR7 dirasa tak mampu untuk menerapkan skema pressing tinggi yang dipraktikan Ten Hag bersama Ajax Amsterdam dalam beberapa musim terakhir.

Namun, Cristiano Ronaldo lagi-lagi membuktikan diri sebagai pemain top ketika membantu Manchester United menang 3-2 atas Norwich awal bulan ini. Dalam laga itu, dia mencetak hattrick dan memecahkan rekor pribadi.


Itu merupakan hattrick ke 60 Cristiano Ronaldo sepanjang kariernya alias yang ke-30 setelah dirinya menginjak usia kepala tiga.

“Jika Ronaldo terus bermain seperti yang dia lakukan minggu lalu [melawan Norwich] dan mencetak dua atau tiga gol dalam pertandingan secara reguler, tidak perlu mengeluarkannya dari tim,” kata Van Basten kepada The Rondo Show.

"Ronaldo adalah pemain yang melakukan tugasnya sendiri, tetapi selama dia memberikannya, Anda harus memberinya tempat di tim," tambahnya sebagaimana dikutip dari Goal Internasional, Selasa (26/4/2022).

Menurut Van Basten, Erik ten Hag memang tak lagi mungkin memanfaatkan Cristiano Ronaldo dengan rekan-rekannya yang lebih muda. Fisik sang pemain sudah berbeda. Kendati demikian, Ten Hag dinilai mampu untuk memaksimalkan kontribusi CR7 dengan cara yang lain.

“Tentu saja Ronaldo perlu bekerja keras – tetapi saya yakin dia akan bekerja keras karena saya dapat melihat Ten Hag memiliki pengaruh padanya untuk membuatnya bermain sesuai keinginannya," tutur Van Basten.

Di sisi lain, Van Basten memperingatkan bahwa Ten Hag tidak boleh jatuh dari siklus media yang intens yang mengikuti United melalui pasang surut mereka, menekankan bahwa ia perlu menjaga fokus seperti laser pada tugas yang ada.

"Saya akan memberi Erik satu nasihat: jangan dengarkan media ketika Anda mulai dari sana," ujar Van Basten dikutip dari suara.com

"Dia akan memiliki fokus besar pada pekerjaannya sendiri, pada pekerjaannya di tempat latihan dan tim. Dan ketika dia melakukan itu, saya yakin dia bisa mengubah segalanya di United."