Dilanda Badai Covid-19, Timnas Mundur dari Piala AFF U-23

skuad-pssi.jpg
((dok. PSSI))

RIAUONLINE - Asisten Pelatih Tim Nasional, Nova Arianto menerangkan mundurnya Timnas Indonesia U-23 dari kejuaraan AFF U-23 2022 di Kamboja sudah dipikirkan masak-masak. Sebab, tidak memungkinkan bagi Garuda Muda memaksakan diri buat bertanding.

Adapun Piala AFF U-23 2022 akan bergulir pada 14-28 Februari mendatang. Sejatinya tim Merah Putih berada di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Jelang keberangkatan ke Kamboja, kabar kurang bagus didapat skuad Garuda Muda. Sejumlah pemain dan satu staf dinyatakan positif Covid-19.

"Banyak pertimbangan dalam mengambil keputusan ini dan akhirnya coaching staff memutuskan Timnas U-23 menarik diri dari Piala AFF U-23 di Kamboja," kata Nova dalam pernyataannya di Instagram @Novaarianto30, Jumat (11/2/2022).

"Setelah melakukan Test swab pagi kemarin ternyata ada 5 pemain terpapar dan masih ada 2 pemain, 1 pelatih, 1 staff masih positif. Jadi total ada 7 pemain dan 2 staf tim nasional yamg terpapar Covid saat ini," sambungnya.


Selain Virus Corona, ada tiga pemain Timnas Indonesia U-23 sedang dalam kondisi cedera. Nova menerangkan skuad Merah Putih kekurangan pemain di berbagai posisi karenanya.

"Ditambah dengan ada 3 pemain yang cedera disaat bersama klub dan setelah dilakukan MRI akhirnya diputuskan tidak bisa pulih dalam waktu yang singkat," terang Nova.

"Untuk saat ini Tim Nasional U-23 tidak meiliki opsi lagi untuk pemain di posisi kiper, winger, dan striker karena rata-rata yg terpapar dan cedera adalah pemain di posisi tersebut," ungkapnya.

Lebih lanjut, Nova mewakili seluruh armada Timnas Indonesia U-23 minta maaf karena gagal bertanding. Ia juga mohon doa serta dukungan agar yang terpapar bisa segara pulih.

"Kami meminta maaf dengan keputusan yang diambil ini dan mohon doanya dari masyarakat semua untuk kesembuhan semua anggota tim nasional baik pemain dan staff tim nasional sehingga semuanya bisa beraktifitas normal kembali," pungkasnya.

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com