Ejek Faris Ramli, Shin Tae-yong Murka ke Asnawi, Ancam Tak Panggil ke Timnas

Asnawi-Mangkualam.jpg
(Vidio.com/AFF2020))

RIAUONLINE, PEKANBARU-Asnawi Mangkualam, ternyata kena semprot Shin Tae-yong dan diancam tak dipanggil ke skuad Garuda. Hal itu karena ulah tengilnya kepada pemain Singapura Faris Ramli.

Timnas Indonesia menang dramatis dengan skor 4-2 dari Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021).

Dalam laga tersebut, salah satu momen yang menjadi sorotan adalah ketika Asnawi beraksi tengil kepada pemain Singapura.

Insiden itu terjadi jelang berakhirnya babak kedua, atau tepatnya saat Singapura mendapatkan hadiah penalti dari wasit.

Faris Ramli maju menjadi algojo penalti bagi skuad The Lions. Sayangnya pemain bernomor punggung 10 itu gagal melakukan tugasnya.

Sebab kiper timnas Indonesia, Nadeo Agrawinata berhasil menepis tendangan pemain Singapura yang membuat para pemain timnas girang bukan kepalang.

Bersamaan dengan itu, Asnawi secara tiba-tiba menghampiri Faris yang lesu karena gagal penalti. Pemain Ansan Greeners itu mengucapkan 'Thank you' dengan memegang tangan bintang Singapura itu.


Nah, ternyata aksi tengil Asnawi tersebut mendapatkan beragam reaksi pro dan kontra. Bahkan Shin Tae-yong dikabarkan marah dengan ulah anak asuhnya tersebut.

"Saya tidak mengetahuinya di stadion , tapi saya terkejut saat melihat videonya," ucap Shin Tae-yong dikutip dari media Korea Naver Sports pada Senin (27/12/2021).

Saking murkanya, pelatih berusia 52 tahun ini bahkan mengancam Asnawi tidak bakal dipanggil ke timnas lagi jika bertindak seperti itu.

"Setelah makan siang, saya memarahi Asnawi dan mengatakan jika itu terjadi sekali lagi saat saya melatih, jangan pernah berpikir untuk datang ke tim nasional!" tegasnya dikutip dari suara.com

"Semua orang di lapangan adalah lawan, tapi betapa sedihnya pemain itu karena tidak mencetak gol penalti. Tidak dapat diterima merayakan gol di bangku lawan," tambahnya.

Setelah ditegur dan dimarahi sang pelatih, Asnawi akhirnya berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Ia juga dipuji Shin Tae-yong sebagai pemain yang paling bekerja keras.

"Asnawi berkata 'saya tidak akan melakukannya lagi'. Sebenarnya Asnawi butuh permainan yang lebih detail, tapi dia bermain lebih keras dari siapapun," imbuhnya.

Terlepas dari hal itu, kini timnas Indonesia harus mengalihkan fokus ke babak final Piala AFF 2020. Thailand akan menjadi lawan skuad Garuda di final.

Laga pamungkas Piala AFF 2020 ini bakal digelar dalam dua leg yang dijadwalkan pada 29 Desember dan 1 Januari 2022.