Daftar Lengkap 12 Tim yang Lolos 16 besar Liga Champions

Atletico-Madrid5.jpg
(MIGUEL RIOPA)

RIAUONLINE, PARIS-Pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A hingga D Liga Champions 2021/2022 telah rampung, Rabu (8/12/2021) dini ahri WIB. Berikut klasemen dan daftar klub-klub yang sudah lolos ke-16 besar.

Dari Grup A, Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG) sudah dipastikan lolos bahkan sejak matchday pekan kelima. Di pertandingan terakhir, kedua tim mendapatkan hasil berbeda.

Manchester City harus takluk 1-2 dari tuan rumah RB Leipzig dalam laga terakhir Grup A. Hasil itu penting untuk wakil Jerman untuk mematenkan posisi ketiga di klasemen dan berhak menggenggam tiket ke Liga Europa.

Dua gol Leipzig diciptakan oleh Domink Szoboszlai dan Andre Silva. Sementara City hanya bisa membalas melalui Riyad Mahrez.

Kekalahan ini tidak mengubah posisi City sebagai juara grup. Mereka hanya unggul satu poin dari PSG yang duduk di urutan kedua pasca menang 4-1 atas Club Brugge.

Dari Grup B, AC Milan secara dramatis gagal melangkah ke 16 besar. Harapan mereka sirna setelah kalah 1-2 dari Liverpool.

Kekalahan Milan membuka ruang bagi Atletico Madrid untuk menyodok ke peringkat kedua dan berhak menemani Liverpool ke 16 besar Liga Champions dikutip dari suara.com

Atletico yang sebelumnya berada di dasar klasemen, berhasil menduduki peringkat kedua usai menekuk FC Porto 3-1 di laga terakhir.

Klasemen akhir Grup B secara beruntun menempatkan Liverpool sebagai juara grup dengan 18 poin, Atletico Madrid (7), Porto (5), dan Milan (4) di dasar klasemen.


Peringkat akhir Grup C sejatinya sudah diketahui sejak matchday pekan kelima di mana Ajax dan Sporting CP telah dipastikan lolos ke 16 besar.

Dalam matchday terakhir, Ajax berhasil menekuk Sporting dengan skor 4-2, sementara Borussia Dortmund menumbangkan Besiktas 5-0.

Kekalahan dari Ajax tak mengubah posisi sporting sebagai runner-up grup dengan sembilan poin. Jumlah poin mereka setara dengan Dortmund tetapi unggul secara head-to-head.

Kemenangan telak atas Besiktas juga sejatinya sudah tak berpengaruh dengan posisi Dortmund. Mereka tetap tertahan di peringkat ketiga dan harus puas bermain di Liga Europa.

Sementara bagi Besiktas, kekalahan ini membuat mereka mengakhiri fase grup Liga Champions tanpa raihan poin berkat selalu kalah dari enam pertandingan.

Sementara dari Grup D, Real Madrid berhasil lolos sebagai pemuncak klasemen setelah mengalahkan Inter Milan 2-0.

Di laga lain, Sheriff Tiraspol selaku tim debutan, berhasil mempertahankan posisi ketiga guna lolos ke Liga Europa setelah menahan imbang Shakthar Donetsk 1-1.

Berikut daftar lengkap 12 tim yang lolos 16 besar Liga Champions:

Grup A
Man City
PSG

Grup B
Liverpool
Atletico Madrid

Grup C
Ajax
Sporting CP


Grup D
Real Madrid
Inter Milan

Grup E
Bayern Munich
-

Grup F
Manchester United
-

Grup G
-
-

Grup H
Chelsea
Juventus