Penalti Pablo Sarabia Menangkan Tim Matador atas Yunani

Pablo-Sarabia2.jpg
((AP/Thanassis Stavrakis))

RIAUONLINE, MADRID-Spanyol mengalahkan Yunani. La Furia Roja menang 1-0 lewat penalti Pablo Sarabia.

Pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup B di Olympic stadium, Jumat (12/11/2021) dini hari WIB, Spanyol tampil dominan dengan 73 persen ball possesion.

Tapi, hanya tiga attempts on target dari total 12 yang dimiliki Spanyol dan satu berbuah gol lewat titik putih di babak pertama. Pencetak golnya Pablo Sarabia.

Yunani cuma bikin satu attempts on target dari total tiga. Spanyol pun mengudeta Swedia dari puncak klasemen dengan 16 poin, unggul satu poin. Swedia beberapa jam sebelumnya takluk 0-2 di kandang Georgia.

Yunani tertahan di posisi ketiga dengan sembilan poin.

Jalannya pertandingan Yunani vs Spanyol

Spanyol menurunkan Raul de Tomas yang merupakan debutan untuk berpasangan dengan Alvaro Morata dan Pablo Sarabia. Bermain menekan sejak menit awal, Spanyol berupaya mencetak gol secepatnya.

Memanfaatkan Morata dan Sarabia, Spanyol coba menekan pertahanan Yunani. Pada menit ke-17, De Tomas punya kans untuk bikin gol setelah tinggal berhadapan dengan kiper Odisseas Vlachodimos.

Tapi, Sarabia terlalu lama untuk mengeksekusinya sehingga ditekel pemain lawan. Di menit ke-21, Yunani sempat bikin gol lewat Giorgos Masouras tapi dianulir wasit karena offside duluan dikutip dari sportdetik


Dua menit berselang giliran De Tomas yang membuang kans menggandakan skor andaikan sepakannya meneruskan umpan silang Jose Gaya tak melayan di atas mistar.

Spanyol akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-27 lewat titik putih menyusul pelanggaran kepada Inigo Martinez dalam situasi sepak pojok.

Sarabia sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang Vlachodimos. Gol yang membuat Spanyol makin nafsu menyerang dan menambah gol.

Morata hampir bikin gol andaikan sontekannya di depan gawang tak diadang Vlachodimos yang maju dari sarangnya. Hingga turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Spanyol.

Yunani melakukan dua pergantian pemain untuk menaikkan intensitas serangan. Christos Tzolis mendapat kans di menit ke-54 saat menerima bola dari sisi kiri meski tembakannya masih melebar.

Di menit ke-68, Spanyol coba menambah gol lewat aksi Dani Olmo yang menusuk dari sisi kanan dan langsung menembak ke gawang, yang hasilnya menyamping.

Waktu semakin sempit untuk Yunani untuk mencari gol penyama kedudukan, tapi upaya demi upaya selalu gagal. Buruknya penyelesaian akhir jadi penyebabnya.

Seperti di menit ke-79 ketika Kostas Tsimikas menusuk dari sisi kiri untuk melepaskan umpan silang yang disambut tandukan Georgios Tzavellas. Namun, peluang Tzavellas di depan gawang malah melebar.

Spanyol nyaris menciptakan gol kedua di injury time ketika Rodrigo Moreno mendapatkan bola di kotak penalti. Lolos dari Vlachodimos, Rodrigo menyepak bola yang masih melebar.

Spanyol tetap menang 1-0 atas Yunani ketika 90 menit laga tuntas.

Susunan pemain

Yunani: Odisseas Vlachodimos; Dimitrios Goutas, Georgios Tzavellas, Konstantinos Tsimikas; Thanasis Androutsos, Manolis Siopis, Andreas Bouchalakis (Dimitris Pelkas 78'), Petros Mantalos, Dimitrios Giannoulis (Dimitrios Limnios 68'); Giorgos Masouras (Christos Tzolis 45'), Vangelis Pavlidis (Anastasios Douvikas 45').

Spanyol: Unai Simon; Daniel Carvajal, Inigo Martinez (Cesar Azpilicueta 89'), Aymeric Laporte, Jose Gaya; Gavi (Sergio Busquets 65'), Rodri, Koke; Raul de Tomas (Rodrigo 65'), Alvaro Morata (Pablo Fornals 65'), Pablo Sarabia (Dani Olmo 57').