Sesak Nafas saat Bermain Bola, Aguero Alami Aritmia Jantung, Apa Itu?

Aguero3.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, BARCELONA-Sergio Aguero dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak napas di tengah laga versus Deportivo Alaves. Hasil pemeriksaan menunjukkan, striker Barcelona ini mengalami aritmia jantung.

Bermula ketika pada menit ke-38, Aguero terjatuh usai terlibat kontak fisik di kotak penalti. Ia tampak kesulitan bernapas dan tampak memegangi dada, lalu harus keluar dari pertandingan untuk menjalani pemeriksaan jantung.

Mengutip SPORT, barcauniversal menyebut bahwa Aguero didiagnosis mengalami cardiac arrythmia atau aritmia jantung.

Simpelnya, gangguan irama jantung. Ia tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit untuk memastikan kondisinya.

Apa itu aritmia jantung?


Dikutip dari Mayo Clinic, aritmia jantung adalah kondisi denyut jantung yang tidak teratur. Kondisi ini terjadi ketika sinyal elektrik jantung yang mengatur denyut jantung tidak berfungsi sebagaimana seharusnya.

Gangguan sinyal elektrik jantung bisa menyebabkan jantung berdetak lebih kencang atau takikardia, lebih lambat atau bradikardia, atau tidak teratur sama sekali. Pada beberapa orang, kondisi ini tidak berbahaya, tetapi pada sebagian yang lain bisa mengancam nyawa dikutip dari sportdetik

Apa gejalanya?

Aritmia jantung tidak selalu disertai gejala tertentu. Kondisi ini kerap ditemukan ketika dokter melakukan pemeriksaan untuk kondisi lain. Namun ada beberapa gejala yang bisa dicurigai:

Berdebar-debar
Nyeri dada
Sesak napas
Gelisah
Letih
Kepala melayang-layang
Berkeringat
Pingsan atau nyaris pingsan.