13 Gol Tercipta di Laga Belanda Kontra Zambia di Olimpiade Tokyo

Zambia-Vs-Belanda.jpg
((AP/Andre Penner))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Duel Zambia vs Belanda di cabang sepak bola Putri Olimpiade menghadirkan pesta gol. Ada dua pemain bikin hat-trick, De Oranje menang 10-3.

Sepakbola wanita memang jadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan sebelum upacara pembukaan Olimpiade 2020 besok. Belanda berada satu grup dengan Brasil.

Belanda adalah satu unggulan juara bersama Amerika Serikat dan Brasil di turnamen ini. Belanda menghadapi Zambia pada partai perdananya di Grup F, Rabu (21/7/2021) malam WIB.

Pada pertandingan sepakbola putri Olimpiade Tokyo 2020 yang dihelat di Miyagi stadium, Rifu, Belanda menurunkan tim terbaiknya seperti Vivianne Miedema dan Lieke Martens. Belanda masih terlalu tangguh untuk Zambia.

Miedema yang merupakan top scorer di Liga Super Wanita Eropa mengamuk dengan mencetak empat gol, termasuk hat-trick di babak pertama pada menit kesembilan, ke-15, dan ke-29. Satu gol lainnya dibuat Miedema di menit ke-59.

Sementara Martens membuat dua gol pada menit ke-14 dan ke-39. Belanda sudah memimpin 6-1 pada babak pertama atas Zambia sebelum mencetak empat gol lagi di babak kedua.

Shanice van de Sanden, Jill Roord, Lineth Beerensteyn, dan Victoria Pelova turut membuat gol. Zambia juga bikin kejutan ketika pemainnya Barbra Banda membuat hat-trick, mengikuti jejak Miedema dikutip di detik.com

Zambia tapi harus menelan kekalahan 3-10 pada partai debutnya di Olimpiade. Wajar jika Zambia kalah setelak itu mengingat mereka adalah peserta dengan ranking FIFA terendah, 104.

Zambia cuma melakukan satu kali ujicoba kontra Afrika Selatan karena pandemi Covid-19. Bahkan laga pemanasan kontra Inggris di Tokyo juga dibatalkan.

Belanda juga adalah debutan di cabor sepakbola wanita Olimpiade. Ajang ini sekaligus jadi perpisahan untuk pelatih Belanda Sarina Wiegman yang setelah ini akan melatih Timnas wanita Inggris untuk Piala Dunia Wanita 2023.

Sebagai penggantinya, pelatih Portland Thorns Mark Parsons ditunjuk Federasi Sepakbola Belanda. Belanda pada matchday kedua Olimpiade Tokyo 2020 menghadapi Brasil 24 Juli.