Portugal VS Belgia, Super Ronaldo VS Belgians Golden Generation

Ronaldo5.jpg
(Foto: Getty Images/Attila Kisebenedek - Pool))

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dalam sepuluh tahun terakhir boleh dikatakan Christiano Ronaldo telah memanggul Timnas Portugal nyaris sendirian. Bahkan di usianya ke-36, Ronaldo masih penampil terbaik jauh mengungguli kompatriotnya yang lebih muda.

Secara teknis, La Selecao amat bergantung kepada CR7. Tercatat dari tujuh gol yang mereka cetak, Ronaldo menyumbang lima gol ditambah satu assis ke Diogo Jota di laga kontra Jerman.

Hal ini tentu menunjukkan Ronaldo-Dependency yang amat akut di skuad Portugal. Jika gagal mengolahnya bukan tidak mungkin Portugal akan kesulitan melawan kolektivitas Belgia.

Di Sisi lain, Skuad Belgia yang disebut Golden Generation ini tengah berada di usia emasnya. Dengan rataan usia 29,5 tahun boleh jadi ini adalah edisi Euro terakhir Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne, Eden Hazard, dan Thibaut Courtois bermain bersama.

Skuad asuhan Thierry Henry ini memang digadang-gadang menjadi generasi terbaik Belgia. Tak omong kosong, Belgia saat ini merupakan peringkat satu dunia kendati tak pernah memenangkan Silverware.


Dihuni skuad komplit, Belgia diyakini akan menunjukkan pernah kolektif memikat seperti kala menghabisi lawan-lawannya di fase Grup.

Di lini depan, Romelu Lukaku sepertinya berniat membuktikan dirinya tak kalah moncer dibanding Ronaldo. Dengan Koleksi tiga gol Lukaku tentu berambisi merebut sepatu emas dari kaki Ronaldo.

Sementara itu di lini tengah, umpan magis De Bruyne juga akan menyulitkan lini belakang Portugal. Belum lagi tusukan Tomas Meunier ataupun duo kakak beradik Eden dan Thorgan Hazard.

Skuad Portugal harus bisa keluar dari belenggu ketergantungan terhadap Ronaldo jika ingin lanjut. Renato Sanchez yang tampil cukup baik menggantikan posisi Fernandez yang under-performance harus bisa menguasai lini tengah.

Lini depan yang di slot Diogo Jota dan Bernardo Silva juga harus membuktikan bahwa keduanya bukan dayang Cristiano Ronaldo.

Secara rekor pertemuan Portugal masih amat superior. Dari enam pertemuan Portugal memenangkan empat laga sementara Belgia tak pernah menang sekalipun.

Apakah superioritas superhuman Ronaldo akan mampu mengalahkan Golden Generation Belgia?
Atau Belgia kian dekat dengan piala major pertamanya?

Simak pertarungannya di Mola TV pukul 02.00 WIB dinihari nanti.