Aktual, Independen dan Terpercaya


Indonesia-Australia Jajaki Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034

Logo-PSSI.jpg
(Istimewa/ beritagar.id)

RIAU ONLINE - Dua negara beda benua namun bertetanggaan, Indonesia dan Australia, mengadakan pembicaraan awal tentang pengajuan bersama menjadi tuan rumah turnamen sepak bola terakbar sedunia, Piala Dunia 2034, seperti dilansir dari kantor berita AFP, Kamis, 27 Juni 2019. 

Kedua negara itu membahas kemungkinan mengajukan proposal dalam rapat khusus Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) digelar di Laos, pekan depan.

“Dalam pertemuan, kami setuju untuk bergabung dengan Australia bersaing untuk Piala Dunia,” kata Juru Bicara Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Gatot Widagdo, dilansir dari afiliiasi RIAUONLINE.CO.ID, VOA Indonesia, kepada AFP.

Sementara itu, hingga kininbelum ada komentar dari pihak Australia.

Widagdo mengatakan, PSSI mulai membahas al itu dengan federasi sepak bola Australia setelah Thailand mundur dari upaya pengajuan bersama dengan Indonesia untuk menjadi tuan rumah turnamenpaling akbar tersebut.

Pembicaraan Indonesia-Australia itu muncul hanya beberapa hari setelah Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-O-Cha mengumumkan, ke-10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) setuju untuk bersama mengajukan sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034.

Belum jelas bagaimana dampak pengajuan oleh multi-negara terhadap kemungkinan Australia dan Indonesia menjadi tuan rumah.

Indonesia juga berencana menggandeng Australia dalam pengajuan bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-21. Turnamen Piala Dunia hanya pernah sekali diadakan di Asia, yaitu di Jepang dan Korea Selatan pada 2002.