Tekuk Mesir 3-1, Rusia Tim Pertama Berpeluang Lolos 16 Besar

Timnas-Rusia.jpg
(AFP/Patrik Stollarz)

RIAUONLINE - Tuan rumah Piala Dunia 2018 Rusia menjadi tim pertama yang berpeluang lolos ke babak 16 besar. Rusia sukses menekuk Mesir 3-1 pada laga matchday 2 Grup A di Saint-Petersburg Stadium, Rabu, 20 Juni 2018.

Tiga gol Rusia tercipta di babak kedua, setelah pada babak pertama laga berakhir imbang tanpa gol. Rusia unggul 3-0 melalui gol bunuh diri Ahmed Fathi, dan gol Denis Cheryshev serta Artem Dzyuba.

Sementara gol Mesir yang diciptakan sang bintang, Mohamed Salah, tak lebih dari sekadar gol konsolasi. Skor akhir tetap 3-1 untuk kemenangan Rusia.

Hingga matchday 2, Mesir belum meraup satu poin pun. The Pharaohs -julukan Timnas Mesir- sudah hampir pasti tersingkir dari Piala Dunia 2018. Mereka dipastikan akan angkat koper jika Uruguay berhasil menang atas Arab Saudi dalam laga yang digelar Rabu (20/6/2018) malam WIB.

Di sisi lain, Rusia secara virtual sudah lolos ke babak 16 besar. Dengan poin sempurna enam dari dua laga, plus selisih gol +7, Tim Beruang Merah -julukan Rusia- kokoh di puncak klasemen Grup A. Praktis hanya keajaiban yang bisa menggagalkan langkah Rusia ke fase gugur.

Jika Uruguay tak kalah melawan Arab Saudi nanti malam, Rusia bakal langsung dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Rusia langsung menciptakan dua peluang emas di awal-awal laga. Menit keenam, tandukan Sergei Ignashevich memanfaatkan umpan lambung Aleksandr Samedov masih bisa ditangkap kiper Mesir, Mohamed El Shenawi. Tak lama berselang, Aleksandr Golovkin melepaskan tembakan keras, namun melenceng tipis ke kanan gawang Mesir.

Menit 15, giliran Mesir yang mengancam. Namun percobaan Abdalla El Said masih bisa dihalau para pemain belakang Rusia.

Empat menit kemudian, Rusia meneror pertahanan Mesir. Sebuah tendangan Denis Cheryshev dari luar kotak penalti melambung tipis saja di atas mistar El Shenawi.


Rusia kemudian menciptakan peluang emas pada menit 23. Umpan silang Yuri Gazinsky mengarah tepat ke depan gawang Mesir, namun striker Artem Dzyuba terlambat menyambut umpan tersebut.

Menit 34, giliran Mohamed Salah unjuk gigi. Mohamed Adel Shafy melepaskan umpan silang tepat ke arah bintang Liverpool itu, namun berhasil dihalau bek sayap gaek Rusia Yuri Zhirkov.

Salah kemudian nyaris mencetak gol pada menit 42. Tendangannya di dalam kotak penalti, setelah melakukan cut inside -yang jadi trademark-nya bersama Liverpool musim lalu, melebar tipis di sebelah kanan gawang Rusia kawalan kiper kawakan Igor Akinfeev.

Skor imbang 0-0 tak berubah sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

Masuk paruh kedua, alur permainan resmi menjadi milik Rusia. Semua berawal dari gol bunuh diri Ahmed Fathy yang gagal mengantisipasi umpan Artem Dzyuba dan malah membelokkan bola ke gawang sendiri. Gol cepat saat babak kedua baru berjalan dua menit itu praktis meruntuhkan mental Mesir. Rusia unggul 1-0!

Laskar Firaun -julukan Mesir lainnya- lantas main seperti terburu-buru setelah gol itu tercipta, dan Rusia jeli memanfaatkannya. Deretan serangan balik efektif dilancarkan dan Denis Cheryshev sukses menggandakan keunggulan dalam kurun waktu 12 menit.

Belum genap tiga menit, Artem Dzyuba menambah pundi-pundi golnya di Piala Dunia 2018, usai menyambut umpan Ilya Kutepov. Sepakan terukurnya berhasil menyasar sudut gawang Mesir dan menjadi gol ketiga tuan rumah.

Artem Dzyuba sendiri kini sudah mengoleksi dua gol di Rusia '18, usai menyumbang satu gol di matchday 1 kala Rusia menghancurkan Arab Saudi 5-0. Sementara itu, Denis Cheryshev kini total telah membukukan tiga gol dan mensejajarkan namanya dengan Cristiano Ronaldo di daftar top skor Piala Dunia 2018.

Kembali ke laga, di menit 73, Mohamed Salah mampu mencetak gol untuk Mesir dengan eksekusi penalti dingin. Sang bintang sendiri tidak tampil pada form terbaiknya usai kembali dari cedera bahu, apalagi ia juga sama sekali tak bermain di matchday 1 saat Mesir tumbang 0-1 dari Uruguay.

Well, sampai laga Rusia vs Mesir ini usai, tak ada lagi gol yang tercipta. Skor 3-1 untuk kemenangan Rusia tetap bertahan.

Satu gol dari Salah tersebut praktis tidak banyak mengubah posisi The Pharaohs, seiring wakil Afrika itu tetap harus siap angkat koper dari pagelaran Piala Dunia 2018.

Sementara itu, Rusia sudah di ambang kelolosan ke babak 16 besar, yang mana ini bakal jadi kelolosan pertama Tim Beruang Merah ke fase gugur sepanjang keikutsertaan mereka di pentas Piala Dunia. Sebelumnya Rusia memang pernah melaju sampai ke perempatfinal bahkan semifinal, namun itu terjadi saat Uni Soviet belum pecah.

Susunan Pemain

Rusia XI (4-2-3-1): Akinfeev; Fernandes, Kutepov, Ignashevich, Zhirkov/Kudryashov; Gazinskiy, Zobnin; Samedov, Golovin, Cheryshev/Kuzyaev; Dzyuba/Smolov.

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Mesir XI (4-2-3-1): El Shenawy; Abdelshafy, Hegazy, Gabr, Fathy; Hamed, Elneny/Warda; Trezeguet/Ramadan Sobhi, Elsaid, Salah; Mohsen/Kahraba.

Pelatih: Hector Raul Cuper

Artikel ini lebih dulu terbit di Suara.com dengan judul: Hajar Mesir 3-1, Rusia di Ambang Kelolosan ke Babak 16 Besar.