3 Gol Ronaldo Selamatkan Portugal dari Kekalahan Atas Spanyol

CR7.jpg
(independent.co.uk)

RIAUONLINE - Pertandingan besar tersaji di awal partai penyisihan Grup B Piala Dunia 2018. Dua tim raksasa Spanyol melawan Portugal berakhir imbang 3-3. Kedua tim pun harus berbagi poin. Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick dalam laga tersebut guna menyelamatkan Portugal dari kekalahan.

Pada laga di Fisht Stadium, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB, Ronaldo mencetak trigol, satu dari titik penalti. Sementara di kubu Spanyol, dua gol dicetak oleh Diego Costa dan satu gol lagi dicetak Nacho Fernandez.

Hasil imbang tersebut juga menjadi modal positif bagi pelatih Fernando Hierro yang baru menggantikan Julen Lopetegui satu hari sebelum digelarnya Piala Dunia 2018.

Jalannya Pertandingan

Portugal langsung mencoba membuka peluang ke pertahanan Spanyol di awal pertandingan. Dan Portugal mendapatkan hadiah penalti setelah Ronaldo dijegal oleh Nacho Fernandez di kotak terlarang di menit ke-3.

Ronaldo yang menjadi eksekutor pun melakukan tugasnya dengan baik dengan menjebol gawang David De Gea lewat sepakan kaki kanannya ke pojok kanan gawang. Portugal pun sudah memimpin 1-0 di awal pertandingan.

Sementara Spanyol mencoba membalas lewat tendangan David Silva namun masih berada di atas gawang Portugal di menit ke-10. Spanyol masih terus mencoba membuka serangan lewat Isco ke pertahanan Portugal namun masih gagal.

Sedangkan Portugal mencoba melakukan serangan balik yang cepat namun masih dapat dipatahkan pemain Spanyol. Pada menit ke-17, kartu kuning pertama di laga ini diberikan kepada Sergio Busquets karena melanggar Goncalo Guedes.

Ancaman coba dilakukan oleh Spanyol lewat tusukan yang dilakukan oleh Andres Iniesta namun David Silva gagal memanfaatkan umpan tersebut. Tendangannya sempat mengenai pemain lawan sehingga melenceng dari target.


Portugal kembali melakukan serangan balik yang cepat namun Bruno Fernandes gagal memanfaatkan peluang itu. Namun Spanyol menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Diego Costa setelah melewati dua pemain lawan di menit ke-24.

Gol tersebut membuat Spanyol semakin bersemangat menyerang. Tendangan Isco di menit ke-28 sempat mengenai mistar gawang sebelum memantul dan diamankan oleh kiper Rui Patrício. Sementara Jordi Alba dalam posisi offside.

Tekanan mnasih terus dilakukan oleh Spanyol. Iniesta punya peluang untuk membuat Spanyol unggul namun sepakannya masih melebar dari tiang jauh di menit ke-35. Sementara tendangan jauh Koke masih dapat digagalkan Rui Patricio.

Spanyol masih mencoba membuka peluang ke pertahanan Portugal lewat crossing Jordi Alba. Meski dalam tekanan namun Ronaldo masih dapat membuat Portugal kembali unggul.

Ronaldo membuat Portugal memimpin 2-1 di menit ke-44 lewat tendangan kaki kirinya setelah mendapatkan umpan Gonçalo Guedes. Keunggulan Portugal 2-1 tersebut bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Portugal mengambil inisiatif serangan. Bruno Fernandes melepas tendangan kaki kanannya setelah mendapatkan umpan William Carvalho dari luar kotak penalti namun masih berada di samping kanan gawang di menit ke-48.

Namun, Spanyol mampu memberikan perlawanan. Diego Costa akhirnya sukses menjebol gawang Portugal setelah menyambut bola hasil umpan sundulan Sergio Busquets di depan gawang. Skor pun menjadi imbang 2-2 di menit ke-55.

Spanyol pun terus mencoba menekan. Tiga menit berselang Spanyol berbalik unggul 3-2 atas Portugal setelah Nacho melepaskan sepakan kaki kanannya yang melengkungnya dari luar kotak penalti yang tidak mampu dijangkau Rui Patricio.

Tertinggal 3-2, pelatih Portugal Fernando Santos melakukan dua pergantian pemain Joao Mario masuk menggantikan Bruno Fernandes di menit ke-68. Satu lagi Ricardo Quaresma masuk menggantikan Bernardo Silva.

Pelatih La Furia Roja Fernando Hierro juga melakukan pergantian pemain dengan memasukan Thiago Alcantara menggantikan Iniesta di menit ke-70. Satu menit berselang sebuah peluang Costa masih melenceng di sisi kanan gawang.

Sementara Ricardo Quaresma mengancam dari sudut sempit namun tendangannya masih terlalu tinggi di menit ke-76. Namun Ronaldo masih tetap menjadi bintang bagi Portugal setelah dia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Ronaldo mencetak hat-tricknya tersebut lewat tendangan bebasnya yang cantik di menit ke-88. Kedua tim masih mencoba membuka peluang namun skor 3-3 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.


Susunan Pemain :

Portugal : Rui Patrício, Jose Fonte, Pepe, Raphael Guerreiro, Cedric Soares, William Carvalho, Joao Moutinho, Bruno Fernandes (Joao Mario 68’), Bernardo Silva (Ricardo Quaresma 69’), Cristiano Ronaldo, Gonçalo Guedes.(Andre Silva 80')

Spanyol : David De Gea, Sergio Ramos, Gerard Piqué, Jordi Alba, Nacho, Isco, Koke, Sergio Busquets, Diego Costa (Iago Aspas 77’), Andrés Iniesta (Thiago Alcantara 70’), David Silva (Lucas Vazquez 86’)

Berita ini lebih dulu diterbitkan Suara.com dengan judul: Ronaldo Hat-trick, Portugal Tahan Imbang Spanyol 3-3