Tak Dipanggil Timnas Belgia ke Piala Dunia, Radja Nainggolan Pensiun?

Gelandang-AS-Roma-Radja-Nainggolan.jpg
(OKEZONE.COM)

RIAU ONLINE - Pelatih Timnnas Belgia, Roberto Martinez mengumumkan nama-nama skuat sementara untuk Piala Dunia 2018. Menariknya, tak ada nama gelandangan andalan AS Roma, Radja Nainggolan dalam 28 nama pemain skuat Rode Duivels itu.

Kendati baru skuat sementara, yang akan dikerucutkan menjadi 23 nama, namun tetap tak ada tempat bagi gelandang berusia 30 tahun berdarah Batak itu di tim Belgia.

Menariknya, setelah mengetahui namanya tak masuk skuat, Radja tanpa membuang waktu langsung menyatakan pensiun dai Timnas Belgia.

Padahl, Radja sudah mengoleksi 30 caps bersama timnas senior Belgia sejak melakoni debut pada Mei 2009. Sang gelandang sentral membukukan enam gol di pentas internasional.

"Dengan rasa sakit di hati, saya memutuskan untuk mengakhiri karier internasional. Saya melakukan segalanya untuk bisa berada di sana (Piala Dunia 2018) dan mewakili negara saya. Namun, menjadi diri sendiri bisa sangat merepotkan. Meski demikian, sejak hari ini saya akan jadi fan nomor satu Belgia," curhat Nainggolan di akun Instagram pribadinya, melansir Suara.com, Selasa, 22 Mei 2018.

Namun sejatinya, absennya Radja dari skuat Belgia bisa dibilang tidak terlalu mengejutkan. Sebelumnya, pada babak kualifikasi Piala Dunia maupun di beberapa laga persahabatan, Radja juga tak dipanggila Martinez. Seperti diketahui, Radja memang seringkali terlibat perang dingin dengan sang pelatih.

Pasca pemecatan Marc Wilmots usai Piala Eropa 2016 silam, Martinez datang sebagai suksesor pelatih Timnas Belgia. Namun kedatangan eks pelatih Everton itu nyatanya jadi mimpi buruk bagi Radja.

Selain faktor teknis dan soal taktik, kebiasaan merokok Nainggolan ditengarai menjadi alasan utama Martinez tidak memasukkan nama sang gelandang dalam skuat Belgia.

"Saya kecewa karena tidak masuk skuat Belgia setelah performa positif yang saya tampilkan pada Piala Eropa lalu. Saya adalah pribadi yang bisa menyuarakan pendapat saya, jadi saya menunjukkan kalau saya benar-benar kecewa terhadap keputusan pelatih," ujar Radja beberapa waktu lalu.

Meski kecewa, Radja tak cukup nyali. Gelandangan berambut Mohawk dengan banyak tato itu justru menyatakan bahwa dia tak akan menghentikan kebiasaan merokoknya itu dan tetap siap menunjukkan performa terbaiknya saat membela Belgia.

Sayang, ia akhirnya tak disertakan dalam skuat Rode Duivels yang akan berangkat ke Rusia. Jangankan masuk skuat final, masuk skuat sementara saja tidak.

"Saya tidak merasa malu karena saya merokok dan saya tidak pernah menyembunyikan kebiasaan tersebut. Saya tahu, saya harus menunjukkan contoh yang baik, terlebih karena saya memiliki anak. Tetapi saya hanya seorang pesepakbola yang memiliki kebiasaan merokok dan hal tersebut tidak memengaruhi penampilan di lapangan. Pelatih memiliki alasan tersendiri kenapa ia tidak memanggil saya untuk bergabung bersama tim nasional. Tetapi saya berusaha melupakan hal tersebut dan fokus untuk menunjukkan performa terbaik," jelasnya beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Martinez bakal menggelar laga pemanasan menghadapi Portugal, Mesir dan Kosta Rika sebelum tampil pada putaran final Piala Dunia 2018. Sebanyak 23 nama final yang akan berangkat ke Rusia bakal dirilis usai pertandingan ujicoba pertama.