Pekan Ini Harga Komoditi Perkebunan di Riau Fluktuatif, Ini Rinciannya

Karet11.jpg
(Disbunak Kuansing)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau mendata, harga komodoti perkebunan di wilayah Riau pada pekan ini mengalami fluktuatif. 

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja mengatakan kelapa butiran naik Rp171 dari harga pekan lalu.

"Berlaku di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti pada periode minggu ini sebesar Rp3.255 per kilogram," ujar Defris, Kamis 24 April 2024. 

Defris menyebut, berbeda dengan komoditas lainnya seperti pinang kering saat ini berada pada level Rp4.400 dan berlaku di Kabupaten Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti. 


Disusul harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti sebesar Rp5.525. 

"Begitu pula dengan tepung sagu basah masih stagnan. Berlaku di Kabupaten Siak, Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti sebesar Rp2.475 per kilogram," tuturnya. 

Lanjut Defris, namun untuk harga Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota di tingkat petani/KUB Kabupaten Kampar mengalami penurunan sehingga menjadi Rp12.456 per kilogram.

"Kita dari Dinas Perkebunan Prov Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar). Sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," pungkasnya.