Pengguna Data XL Axiata Tambah 16 Persen Selama Lebaran

XL-Axiata-Indonesia.jpg
(RIAU ONLINE/XL AXIATA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Selama liburan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H mulai 4 hingga 14 April 2024 terjadi lonjakan peningkatan penggunaan data XL Axiata sebesar 16 persen dibandingkan hari-hari biasanya.

Peningkatan tersebut tak bisa dilepaskan dari antusiasnya pelanggan XL Axiata yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur.

“Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran,” kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata (EXCL) atau XL Axiata, I Gede Darmayusa, Kamis, 18 April 2024.

Selama periode Ramadan dan Lebaran, XL Axiata mencatat trafik layanan didominasi streaming mencapai 59 persen, disusul web browsing 18 persen dan sosial media 15 persen.

“Seperti sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi,” ungkapnya.

Jika dirinci pada layanan streaming, XL Axiata mencatat sejumlah aplikasi mengalami kenaikan pemakaian signifikan. Seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135 persen, YouTube 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix 42 persen, dan Spotify 23 persen.


Lonjakan trafik juga terjadi pada layanan Instant Messenger, XL Axiata menyampaikan, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59 persen. Sedangkan Social Network, trafik X (Twitter) meningkat 25 persen dan Meta (Facebook) 15 persen.

Sementara itu, web browsing juga naik 20 persen dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650 persen.

“Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal,” imbuhnya.

Jika dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran, XL Axiata mencatat Provinsi Jawa Tengah mengalami kenaikan trafik sebesar 32% dibandingkan hari biasa.

Sementara di tingkat kota/kabupaten di seluruh Indonesia, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, naik sebesar 68 persen.

 

Di sisi lain, EXCL menyampaikan bahwa trafik layanan di Jabodetabek turun hingga 7% pada saat Lebaran dibanding hari biasa. Penurunan trafik di Jabodetabek ini sesuai dengan tingginya tingkat perpindahan lokasi pelanggan selama periode Lebaran.

”Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 30%,” sambungnya.

Secara keseluruhan, Darmayusa menuturkan, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan, termasuk dengan mengerahan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan, seperti yang dilansir dari bisnis.