Sambut HUT ke-27, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Tanam 3.250 Bibit Pohon

Pertamina-tanam-bibit-pohon1.jpg
(Dok. Pertamina)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) melaksanakan aksi penanaman pohon di Pulau Semut, Jalan Limbungan Ujung, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru, Riau. 

Aksi penanaman pohon ini bertujuan untuk pelestarian lingkungan sekaligus menyambut hari ulang tahun (HUT)  ke-27 Pertamina Patra Niaga yang jatuh pada 27 Februari 2024.

"Ini adalah aksi nyata gerakan dekarbonisasi untuk mendukung program Net Zero Emission pada 2060 di Indonesia. Kegiatan ini juga bertujuan untuk pelestarian lingkungan sekaligus bagian dari HUT Pertamina Patra Niaga yang ke-27," ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Susanto August Satria, Selasa 27 Februari 2024. 

Ia menjelaskan, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut membagikan sebanyak 3.250 bibit pohon di berbagai lokasi strategis, diantaranya 500 bibit pohon di Pekanbaru, 1.000 bibit pohon di Kampung Lubuk Hitam, Padang, 750 bibit pohon di Nagari Ulakan, Padang Pariaman, 1.000 bibit pohon di Pulau Sarang, Batam.

"Di Sumbagut, total ada 3.250 bibit pohon yang ditanam, dan khusus di Pekanbaru, kami menanam sebanyak 500 bibit pohon. Adapun jenis yang ditanam terdiri dari 250 bibit pohon durian dan 250 bibit pohon gaharu," ucapnya.


Sementara, Kabid Pertamanan Dinas Lingkungan dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Langgeng Wahyudi mengatakan kegiatan penanaman pohon ini juga menjadi fokus bagi Dinas Lingkungan Hidup dalam membuat ruang hijau di kawasan sungai dan diharapkan aksi penanaman pohon ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 

"Semoga dengan adanya penanaman pohon ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," ucapnya.

Sebagai perwakilan masyarakat, Saparudin, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pertamina Patra Niaga yang telah peduli terhadap pelestarian lingkungan salah satunya dengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon. 

"Penanaman pohon ini merupakan aksi Pertamina dalam memberdayakan dan mengayomi masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai upaya mengembangkan ekowisata Pulau Semut," katanya.

Sebelumnya, aksi penanaman pohon dilaksanakan di Pulau Semut, Pekanbaru, Riau pada Rabu (21/2) lalu. Kegiatan ini juga mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin 13 (Penanganan Perubahan Iklim) dan poin 15 (Ekosistem Daratan).

Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Fuel Terminal Sei Siak, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, perwakilan Universitas Riau dan Himpunan Mahasiswa Rumbai Bersatu (HIMARUSA).