Harga Cabai Rawit di Kuansing "Menggila", Tembus Rp 100 Ribu per Kg

Cabai-Rawit2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Harga cabai rawit di Kabupaten Kuansing, Riau melonjak naik pada Minggu, 19 Februari 2024. Harga cabai rawit merah dan rawit hijau sama-sama naik menjadi Rp 100 ribu per kilogram (kg). 

Pada Rabu, 14 Februari 2024 lalu harga cabai rawit merah maupun rawit hijau masih Rp 80 ribu per kg. Harga naik minggu ini sekitar Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 100 ribu per kg.

Kenaikan juga terjadi pada cabai merah keriting. Pada Rabu lalu harga masih Rp 70 ribu per kg naik Rp 10 ribu per kg menjadi Rp 80 ribu per kg.

Sementara harga bawang merah juga naik dari Rp 35 ribu per kg naik sekitar Rp 5 ribu per menjadi Rp 40 ribu per kg.


"Hanya cabai dan bawang merah yang mengalami kenaikan," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian melalui Kepala Bidang Perdagangan Elny Yusdar kepada RIAU ONLINE, Selasa, 20 Februari 2024.

Menurut Elny Yusdar, kenaikan harga cabai dan bawang di Kuansing dipengaruhi karena faktor curah hujan yang tinggi. Ditambah rata-rata pasokan cabai untuk Kuansing berasal dari Sumbar.

"Sekarang terjadi longsor di Bukit Betabuh, kalau ini nanti terputus tentunya akan menghambat pasokan sejumlah bahan kebutuhan pokok dari Sumbar ke Kuansing. Kita khawatir sejumlah bahan kebutuhan pokok naik," katanya.

Tentunya kita berharap akses tersebut tetap bisa dilalui sehingga bahan kebutuhan pokok yang berasal dari Sumbar bisa lancar ke Kuansing.