Kesempatan Lebih Luas, Batas Pengumpulan Karya AJAA 2023 Diperpanjang hingga 29 Februari 2024

AJAA2023-RAPP.jpg
(Dok. RAPP)

RIAU ONLINE, PANGKALAN KERINCI - Anugerah Jurnalistik APRIL-APR (AJAA) tahun 2023 yang digelar PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan Asia Pacific Rayon (APR), adalah ajang apresiasi bagi insan media di Riau. 

AJAA 2023 diharapkan bisa mengasah kompetensi para jurnalis dalam menulis, serta mendukung penyebarluasan informasi terkait energi baru dan terbarukan (EBT) yang saat ini gencar dilakukan oleh pemerintah dan dunia usaha. 

RAPP, salah satu anak usaha APRIL Group, merupakan perusahaan yang terus berkomitmen mendukung penurunan emisi karbon sebagai langkah mitigasi perubahan iklim. Termasuk dengan cara memaksimalkan penggunaan EBT.

Melalui tema peran sustainable living dalam mewujudkan energi bersih, karya yang ditulis diharapkan bisa mengulas upaya dan pencapaian APRIL Group dalam menjalankan bisnis berkelanjutan lewat pemanfaatan dan pengembangan EBT dan energi bersih di area perusahaan. Hal ini sesuai dengan pilar iklim positif dalam komitmen APRIL2030 dan APR2030.

Deputy Head of Communications RAPP, Disra Alldrick, Rabu, 31 Januari 2024, menyebut masa penerimaan karya AJAA 2023 diperpanjang hingga batas akhir 29 Februari 2024. Perpanjangan masa penulisan dan pengumpulan karya ini karena tingginya antusiasme para jurnalis untuk mengikuti AJAA 2023.

"Panitia memutuskan untuk memperpanjang masa pengumpulan karya hingga 29 Februari 2024. Harapan kita melalui lomba ini dapat memacu rekan-rekan jurnalis untuk bisa lebih baik lagi dalam berkarya, sehingga masyarakat dapat tercerahkan oleh pemberitaan sesuai dengan kaidah jurnalistik," imbuhnya.


Ia menjelaskan, AJAA 2023 terbuka untuk seluruh insan pers di Riau, baik media nasional maupun media lokal.

“APRIL mengajak teman-teman jurnalis di Riau untuk kembali mengikuti Anugerah Jurnalistik APRIL-APR dengan mengirimkan karya-karya terbaik sesuai tema yang ditetapkan, yakni upaya untuk terus menjalankan komitmen APRIL2030 dan APR2030," ungkap Disra.

APRIL2030 dan APR2030 merupakan langkah transformatif berisi serangkaian aksi nyata perusahaan yang berkontribusi positif terhadap iklim, alam, dan pengembangan masyarakat. Salah satu pilarnya adalah iklim positif, yang mencakup beragam aksi perusahaan, termasuk upaya mendukung net zero emission, sejalan dengan target pemerintah pada 2060.

AJAA2023 mengangkat sejumlah pesan kunci mengenai komitmen APRIL menggunakan EBT dan energi bersih dalam operasional perusahaan, sebagai upaya mendukung pemerintah mencapai target emisi nol bersih pada tahun 2060 serta komitmen dalam menurunkan kadar emisi karbon pada produk APRIL Group hingga 25 persen.

“Seluruh upaya ini sejalan dengan upaya APRIL Group untuk memenuhi 90 persen kebutuhan energi di pabrik dari sumber-sumber energi bersih dan terbarukan hingga 2030,” urainya lagi.

Lomba karya tulis ini memperebutkan hadiah senilai puluhan juta rupiah bagi pemenang dan sejumlah nominator pilihan dewan juri.

Karya tulis yang telah dimuat bisa didaftarkan melalui link berikut bit.ly/AJAA2023. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website www.aprilasia.com, www.april2030.aprilasia.com dan www.aprayon.com, serta akun resmi media sosial PT RAPP dan APR, di laman resmi fanpage APRIL Group, Sahabat PT RAPP, Instagram @discoverapril @sahabatrapp dan @asiapacificrayon.