Wamen Perdagangan Kunjungi Sentra UMKM Riau, Ajak Pelaku Usaha Paham Bisnis

Wamendag-di-Riau.jpg
(Anisa/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (FORKINDO) menggelar silaturahmi bersama Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, di Sentra UMKM Teras Kota Food & Play di Jalan Rimbo Panjang, Kampar Riau, Rabu 20 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah Provinsi Riau yang diwakili Tetty Noviati, Ketua FORKINDO Pulzi Koto dan jajarannya, Anggota DPRD Provinsi Riau sekaligus Ketua DPD AMPI Riau, Sawitri, serta puluhan pelaku UMKM di Riau. 

Wamendag Jerry Sambuaga dalam sambutannya menjelaskan pihaknya ingin memberikan usulan atau program yang bisa membantu dan memberikan support ke pelaku UMKM di tengah banyaknya tantangan dan persoalan yang dialami. 

"Program yang bisa diharapkan dan bisa memberikan eksistensi atau dukungan untuk pemberdayaan produk UMKM seperti yang kita punya yaitu program untuk pembina, pelatihan, sertifikasi dan bisnis matching untuk UMKM,"  ujarnya.

Jerry mengatakan, jika pembinaan sudah dilakukan sejak awal, selanjutnya memberikan pelatihan agar produk bisa dipasarkan dan layak beli. 

"Kenapa itu penting, fokus dari program pusat ialah memastikan produk di sini dan daerah yang kita keliling tidak hanya bisa dibeli, tetapi produk UMKM harus diberikan pelatihan, contoh paling kecil saja seperti packaging yang menarik," jelasnya


Ia menyebut, tidak.hanya itu saja produk makanan tidak hanya mengedepannya rasa yang enak, tapi membutuhkan sertifikasi baik itu dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sertifikasi halal dan teknik lainnya.

"Oleh karena itu, kita bantu melalui sebuah program yang kita lakukan di Kementerian Perdagangan dan tidak dipungut biaya. Ibu-ibu tinggal datang dan saya minta list produknya apa, daerahnya di mana dan tentunya apa yang bisa ditawarkan dari produk tersebut," ungkapnya.

Sementara, Ketua FORKINDO, Pulzi Koto berharap kehadiran Wamendag Jerry memunculkan semangat untuk menggerakkan UMKM agar terus tumbuh pasca Covid-19.

"Sedikit bercerita kami dari FORKINDO yang berdiri pada tanggal 12 November 2018 dengan Anggota sekitar 300 orang, berterima kasih atas kunjungan Bapak Menteri," tuturnya. 

Ia menjelaskan, tugas yang dilakukan FORKINDO adalah mendata UMKM yang ada di Provinsi Riau untuk melihat potensi segi penjualan dan mendapatkan perizinan. 

"Sehingga kami berharap, untuk selalu didampingi dari Dinas Perdagangan. Kami dibantu dan diberikan support untuk pameran-pameran nantinya, seandainya ada program dari kementrian mohon diturunkan ke kami anggota FORKINDO, insyaallah kami akan amanah untuk disampaikan ke teman-teman," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Anisa, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE