Gernas BBI dan BBWI Digelar di Riau, Catat Tanggalnya

Booth-UMKM-Gernas-BBI-dan-BBWI.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -  Provinsi Riau menjadi bagian dari 9 provinsi yang dipilih sebagai penyelenggara Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

"Setelah Banten dan Kalimantan Tengah, sekarang giliran kita (Riau) menyelenggarakan," kata Sekretaris BBI dan BBWI M Taufiq Oh usai mengikuti rapat koordinasi (rakor) pelaksanaan persiapan harvesting BBI dan BBWI pada Selasa, 25 Juli 2023.

Puncak Gernas BBI dan BBWI akan digelar pada 28-30 Juli 2023 di halaman kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. 

Taufiq menyebut melalui Gernas BBI dan BBWI, Kementerian Perekonomian menargetkan 3 juta UMKM yang harus dicapai pada 2024.


"Ada 3 juta UMKM yang harus dicapai sampai 2024. Jadi, ini target dari pusat," kata dia.

Menurut Taufiq, pasar BBI dan BBWI atau belanja dari kantong kanan masuk ke kantong kiri harus dimanfaatkan dan dimaksimalkan. 

Sementara saat ini, persiapan puncak Gernas BBI dan BBWI sudah mencapai 70 persen. Sejumlah booth UMKM tengah dipersiapkan untuk pelaku usaha memasarkan hasil karyanya.

Menariknya, dua booth dibangun dari bahan kayu dan beratapkan rumbia. Booth yang sudah setengah jadi itu sudah diisi sejumlah kerajinan tangan dari rotan maupun bambu.