Sebut Harga Cabai Terlalu Murah, Mendag: Petaninya Bisa Bangkrut

Pedagang-cabai-di-pasar-pekanbaru2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, menyebut sejumlah bahan pokok harganya murah, seperti cabai dan bawang. Harga terus mengalami penurunan akan berimbas pada kerugian petani.

Mendag yang akrab disapa Zulhas itu mengatakan dua komoditas bahan pokok itu tengah mengalami penurunan harga di pasaran. Menurutnya, idealnya harga cabai berkisar Rp 40 ribu per kg.

Petani akan memperoleh keuntungan jika harga berada di angka tersebut. Di saat yang sama, harga juga tidak terlalu mahal di sisi hilir atau pada tingkat konsumen.

"Sekarang lagi murahnya (harga cabai dan bawang). Justru jangan terlalu murah, kalau terlalu murah kan nanti petaninya bangkrut. Cabai itu Rp 40 ribu lah (per kilogram), kalau cabenya Rp 20 ribu (per kilogram) kan bangkrut petaninya, kasihan," kata dia, dikutip dari Liputan6.com, Minggu, 29 Januari 2023.


Sementara Panel Harga Badan Pangan Nasional menunjukkan tren kenaikan harga pada cabai. Baik cabai keriting maupun rawit merah.

Harta cabai merah keriting rata-rata nasional berada di angka Rp 40.950 per kilogram, naik Rp 2.720 dari sebelumnya. Sedangkan cabai rawit merah, ata-rata nasional di harga Rp 54.630 per kilogram, ini juga naik Rp 2.770 dari sebelumnya.

Harga rata-rata nasional untuk bawang merah berada di Rp 39.460 per kilogram, dan bawang putih berada di Rp 28.050 per kilogram. Keduanya sama-sama mengalami kenaikan masing-masing Rp 620 dan Rp 350.