Harga Kelapa, Pinang, Kopra dan Sagu Turun Serentak, Berikut Rinciannya

Pinang3.jpg
(istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau mencatat harga komoditi perkebunan seperti seperti kelapa butiran, kopra, pinang kering dan tepung sagu di sejumlah daerah mengalami penurunan harga.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan (Disbun) Riau, Defris Hatmaja mengatakan, pada periode minggu ini untuk kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar, Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Kabupaten Bengkalis mengalami penurunan mencapai Rp124 per kg.

"Dari harga minggu lalu yakni Rp3.738/kg kini menjadi Rp3.614 per kg. Mengalami penurunan sebesar Rp124 per kg," kata Defris Hatmaja, Selasa 7 Juni 2022.

Diungkapkan Defris, sedangkan untuk harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti juga mengalami penurunan sebesar Rp50 per kg sehingga saat ini menjadi Rp7.218 per kg.

"Lalu untuk tepung sagu basah yang semula Rp2.100 per kg di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti pun mengalami penurunan harga dari minggu lalu sebesar Rp71 per kg sehingga menjadi Rp2.029 per kg," tukasnya.

Lanjut Defris, sementara untuk pinang kering (100%) di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Bengkalis juga mengalami penurunan.

"Sebesar Rp11.585 per kg harga minggu ini mengalami penurunan sebesar Rp52 per kg," imbuhnya.

 

 

Di sisi lain, Defris menambahkan untuk harga Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) di Provinsi Riau malah lebih dominan mengalami kenaikan.

"Untuk Kabupaten Kampar sebesar Rp11.700 per kg mengalami kenaikan Rp300 per kg, Kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp11.350 per kg mengalami kenaikan harga Rp35 per kg, dan Kabupaten Rokan Hilir masih sama dengan minggu lalu sebesar Rp12.300 per kg," tuturnya.

Sedangkan pada tingkat APKARKUSI di Kabupaten Kuansing harga bokar sebesar Rp12.974 per kg mengalami kenaikan Rp295 per kg, disusul di tingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp11.100 per kg mengalami kenaikan Rp200,- per kg dan Tingkat Kelompok Tani Getah Tender Masjid Al - Ikhlas Pembinaan Bumdes Desa Petani harga minggu ini sebesar Rp14.329 per kg mengalami kenaikan Rp329 per kg.

"Dan terakhir untuk harga bokar ditingkat pabrik (GAPKINDO) KKK 100% minggu ini tidak mengalami kenaikan dan penurunan atau harga minggu ini masih tetap sama dengan harga minggu lalu sebesar Rp22.200," terangnya.

Dengan demikian Defris menyebut, Dinas Perkebunan Prov Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar)

"Agar mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," pungkasnya.