Dahlan: Siapa Bilang Riau Tak Siap Hadapi MEA

Mantan-Menteri-BUMN-Dahlan-Iskan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai diterapkan tahun 2016 ini dan Indonesia serta negara-negara lain turut serta di dalamnya.

 

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, Senin (25/1/2016), mengatakan, Riau sudah mampu berkompetisi dalam pasar global MEA. (Baca Juga: Gedung Grand Gasing Unri, Besar, Tapi Becek dan Kotor

 

Alasannya, Kualitas pemuda serta pengusaha lokal sudah cukup mumpuni bersaing bersama negara lainnya. "Kita yakin kita sudah siap menghadapi MEA. kita sudah memiliki kualitas cukup baik untuk bisa bersaing dengan negara lainnya," ujar Dahlan kepada wartawan.

 

Indonesia, menurut Dahlan, bisa menguasai ASEAN dengan mudah jika pemerintahnya bisa mengatur kebijakannya secara baik. Karena dari berbagai sisi Indonesia jauh lebih unggul ketimbang negara lainnya.

 

"(Sebanyak) 50 persen pendapatan ekonomi ASEAN itu ada di Indonesia. Secara ekonomi kita unggul. 50 persen dari penduduk Asean juga ada di Indonesia. Ini artinya kita cukup unggul dalam kuantitas sumber daya manusia serta sumbangan ekonomi Asean," jelas Dahlan.

 

Laki-laki yang besar dari profesi jurnalis ini menjelaskan, bukan hanya pada kuantitas saja Indonesia unggul. Kualitas juga bisa diadu. (Klik Juga: Inilah Sindiran Dahlan Iskan tentang Grand Gasing Unri

 

"Secara personal para orang kita itu punya kualitas yang baik dan mumpuni. Tinggal bagaimana pemerintah dapat mengumpulkan orang-orang hebat ini untuk turut serta dalam upaya pembangunan ekonomi bangsa dan negara kita," tuturnya. 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline