Akhir Tahun Penerbangan ke Arab Saudi Meningkat

Haji-Plus.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sepanjang akhir tahun 2016 penerbangan ke Arab Saudi melonjak drastis ketimbang hari biasanya. Penerbangan tersebut mengantar masyarakat yang hendak beribadah umrah ke Mekkah.


"Memang akhir tahun ini lebih banyak penerbangan yang hendak ke Mekkah ketimbang liburan baik dalam negeri maupun yang keluar negeri. Mungkin karena libur panjang akhir tahun ini menjadi momen baik bagi para peserta umrah ini untuk beribadah," kata Kepala Divisi Operasi Bandara SSK II Pekanbaru, Asturman Yunus kepada RIAUONLINE.CO.ID ketika dikonfirmasi, Selasa (29/12/2015).

Ketua Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (Asosiasi Agen tour dan perjalanan Indonesia) Riau, Ibnu Mas'ud mengatakan, banyaknya para peserta umrah dari Riau memang terjadi saban tahun. Keadaan seperti ini, tak hanya terjadi di Riau saja tapi seluruh Indonesia.

 

"Memang akhir tahun adalah musim para peserta umrah ke Mekkah. Hal ini bukan hanya karena akhir tahun itu hari libur panjang tapi karena bulan Desember hingga April merupakan jatah waktu yang diberikan oleh pemerintah Saudi kepada Indonesia untuk melakukan ibadah umrah," tutur Ibnu ketika ditemui di ruangannya.


 

Dijelaskan Ibnu, jatah tersebut diberikan lewat penurunan harga visa yang diterapkan pada negara yang warga negaranya hendak melakukan ibadh umrah. Jatah ini diberikan sesuai kebijakan yang diberikan pada negara-negara yang mayoritas muslim.

 

"Jatah waktu kita itu bersamaan dengan seluruh wilayah Asia Tenggara. Sedangkan untuk Eropa, Afrika dan yang lainnya juga punya jatah waktunya sendiri," tegasnya.

 

Untuk tahun 2015 ini, meskipun jumlah lawatan lebih banyak dilakukan oleh para peserta umrah ketimbang lawatan lain, namun jika dibandingkan dengan tahun lalu jumlah ini jauh menurun.

 

"Meskipun 75 persen lawatan itu didominasi oleh para peserta umrah, namun untuk tahun ini sebenarnya ada penurunan jumlah sebesar 30 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Kebanyakan faktor tersebut disebabkan oleh melemahnya keadaan ekonomi masyarakat kita secara umum," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline