Riau Pamerkan Makanan Berbahan Sagu di Jambore Masyarakat Gambut

Produk-berbahan-sagu.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, JAMBI - Hari terakhir perhelatan akbar Jambore Masyarakat Gambut (JMG) yang ditaja oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) sebelumnya telah terlaksana dari tanggal 5 November 2016 bertempat di Gor Kota Baru, Jambi yang mana Provinsi Riau memamerkan produk andalannya yakni makanan berbahan dasar sagu diserbu seluruh lapisan masyarakat yang berada di lokasi.

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, beberapa dari peserta yang berkunjung sekedar bertanya ataupun membeli bahan makanan yang telah jadi maupun siap makan berbahan dasar sagu ataupun yang bukan dengan khas dari Provinsi Riau.

 

Untuk itulah Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) bersama perwakilan masyarakat Provinsi Riau hadir dan berpatisipasi dalam memamerkan makanan yang memiliki karbohidrat tinggi namun rendah lemak ini untuk mereka tampilkan.


Baca Juga: Begini Cara Budidaya Kopi Liberika di Lahan Gambut

 

"Kami patut berbangga karena turut mensukseskan acara perdana yang diselenggarakan oleh BRG yang dimana kami dari Provinsi Riau menampilkan makanan berbahan dasar sagu," ucap Akmal di lokasi, Senin, 7 November 2016.

 

Produk yang dipamerkan itu seperti mi sagu, sagu telur, tepung sagu, sagu lemak, sagu rendang, cendol sagu yang merupakan tanaman yang mampu hidup di tanah bergambut.

 

Selain makanan berbahan dasar sagu, yang tidak kalah menariknya mereka juga memamerkan makanan bukan berbahan dasar sagu seperti ikan salai, sirup berbahan dasar buah pohon bakau, selai nenas, kerupuk ikan wajang, emping jagung dan minyak kelapa.

 

Sementara itu, untuk perwakilan masyarakat yang mereka bawa dari Provinsi Riau itu diantaranya adalah Kabupaten Indragiri Hilir, Inderagiri Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Siak dan Kabupaten Meranti dan Bengkalis.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline