Lintasan Sirkuit Katalonia Diubah Menyusul Tewasnya Pebalap Moto2

RIAU ONLINE - Otoritas penyelenggara balap MotoGP Katalonia memutuskan untuk mengubah desain lintasan balap menyusul kecelakaan yang merenggut nyawa pebalap Moto2 Luis Salom.

 

Pebalap SAG Racing Team itu tewas akibat cedera fatal yang ia terima kala latihan bebas dua Moto2 di grand prix Katalonia, Jumat (3/6).

 

Dikutip dari laman CNN Indonesia, menyusul kejadian ini, Komisi Keselamatan MotoGP lantas menggelar pertemuan dengan sejumlah pebalap yang akhirnya menyepakati penggunaan desain lintasan yang berbeda. (KLIK: Marquez Raih Pole Position di Catalunya)

 


Lintasan balap untuk MotoGP dan Formula One di sirkuit ini memiliki desain yang berbeda yakni di dua titik tikungan.

 

Pada tikungan 10, F1 memiliki belokan yang lebih tajam di sana. Kemudian di tikungan 12, untuk F1 dibuat menjadi chicane sehingga ada dua belokan sebelum trek lurus. (BACA: Seperti Apa Investigas Rossi terhadap Tewasnya Salom? Ini Hasilnya)

 

Akibatnya pada latihan bebas hari ini, para pebalap diberi waktu lebih lama sebagai adaptasi sebelum sesi kualifikasi.

 

Pebalap Suzuki Ecstar Maverick Vinales menjadi sosok yang terbak dalam sesi latihan bebas ketiga MotoGP yang telah diubah lintasannya hari ini. Vinales memiliki catatan waktu terbaik satu menit dan 44,727 detik. Ia disusul dua pebalap Repsol Honda yang juga berasal dari Spanyol yakni Marc Marquez (1'44.847) dan Dani Pedrosa (1'44.951).