Wow! Pasukan Militer Indonesa Pernah Melatih Militer 5 Negara Ini

Kopassus.jpg
(Merdeka.com/Reuters)

RIAU ONLINE - Pasukan militer Indonesia diam-diam banyak dikagumi dan diakui kehebatannya oleh negara lain. Militer Indonesia hingga saat ini masih menempati peringkat ke-11 dari 126 negara dunia.

 

Kehebatan militer Indonesia membuat pasukan militer negara lain berguru kepada para pasukan hebat kita. Dilansir dari Boombastis, ada beberapa negara yang pernah dilatih oleh Indonesia.

 

1. Negara-Negara Afrika Utara Berguru Kepada Kopassus

 

Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

 

Pamornya yang melejit dan benar-benar terbukti, akhirnya Kopassus mulai banyak dipertimbangkan negara-negara di dunia untuk dijadikan pelatih militer dan sudah dan sudah pernah dikontrak oleh sederet negara-negara di Afrika Utara.

 

Pasukan elite Indonesia diketahui banyak memeberikan pelajaran soal bertahan hidup, strategi, bela diri dan tidak tergantung akan pearalatan canggih. Hasilnya, negara-negara Afrika Utara cukup puas dengan semua ilmu yang diberikan Kopassus.

 


2. Pasukan super elit Kamboja berguru pada Kopassus

 

Tidak hanya negara-negara di Afrika Utara, Kopassus juga pernah melatih unit elit Kamboja yang bernama Batalyon Para Komando 911. Tentara elit ini merupakan salah satu pasukan yang paling ditakuti di Kamboja. Sejak dilatih oleh Kopassus skill mereka meningkat pesat. Kini, diketahui gaya dan kemampuan mereka sangat Kopassus. Tak hanya soal tampilan, bahkan sistem baris berbarisnya pun sama.

 

3. Brunei Darussalam pernah dilatih Kopassus

 

Tentara elit kebanggaan Indonesia juga dibekali kemampuan menembak yang dibuktikan dengan berbagai medali emas yang diperoleh dari ajang tembak kelas dunia. Hal ini membuat Brunei Darussalam tertarik untuk merekrut pasukan elit Indonesia sebagai pelatih.

 

Kopassus melatih grrup tembak mereka yang akan tampil dalam sebuah ajang. Beratnya latihan yang diberikan membuat para tentara Brunei Darussalam kewalahan dan bahkan ada yang dikabarkan pingsan. Meskipun demikian, pihak Brunei Darussalam sangat puas dengan kerja sama ini.

 

4. Timor Leste minta dilatih Indonesia

 

Pada 2012 lalu, pernah muncul wacana dari wakil Panglima militer Timor Leste, Filomeno Da Paixa De Jesus yang meminta tentara Indonesia melatih tentara-tentaranya. Menurutnya, memilih tentara Indonesia sebagai pelatih adalah langkah yang tepat.

 

Pihak TNI menyambut permintaan Timor Leste dan membuka diri, bahkan menyarankan untuk membeli atribut militer dari Indonesia. Mulai dari senjata buatan Pindad hingga seragam dari Sritex.

 

5. Myanmar Pun Terpikat TNI

 

TNI mencatat rekor kemenangan yang mengagumkan pada ajang Asean Armies Rifle Meet (AARM) di tahun 2014 lalu. TNI berhasil menyabet 9 piala, bahkan para tentara sanggup memboyong 29 dari 45 medali emas yang ada. Kemenangan gemilang ini berbuah baik bagi Indonesia. TNI kebanjiran tawaran melatih negara-negara tetangga.

 

Seperti Myanmar yang sangat tertarik dengan prestasi yang diraih Indonesia. Pemerintah negara itu berharap agar TNI bersedia bekerjasama untuk melatih militer mereka. Belum diketahui apakah hal ini jadi terealisasi.