Makan Kangkung Bikin Mengantuk? Ini Jawabannya

RIAU ONLINE - Kangkung menjadi salah satu sayur favorit masyarakat Indonesia. Selain mudah didapat dengan harga yang relatif murah, sayur ini juga mudah diolah. Tapi, apa benar kabar yang beredar di masyarakat makan kangkung bisa bikin ngantuk?


Sampai saat ini hal tersebut masih menjadi perdebatan, sebab belum ada penlitian ilmiah yang dapat membuktikan kebenarannya. kangkung memiliki kandungan yang diduga dapat menyebabkan seseorang yang mengkonsumsinya menjadi rileks yang disebut senyawa triptofan.


Triptofan merupakan protein yang berguna untuk memproduksi serotonin pada tubuh, sedangkan serotonin adalah suatu neurotransmitter yang berguna bagi tubuh untuk memperlambat kerja saraf otak yang menimbulkan rasa relaks pada tubuh. (BACA JUGA: 5 Jenis Makanan Ini Buat Jantung Sehat)


Akan tetapi, analisis lain beranggapan bahwa efek kantuk yang ditimbulkan setelah menikmati kangkung hanyalah efek kantuk alami yang dirasakan seseorang pada siang hari. hsal demikianlah yang membuat kebenaran efek kantuk setelah makan kangkung menjadi belum jelas.



Kantuk yang disebabkan setelah makan kangkung ini kemungkinan suatu hal yang relatif, sebab tidak semua orang bisa mengalami kantuk meskipun mengkonsumsi dalam porsi yang sama.


Tidak hanya kangkung, beberapa makanan lainnya juga dianggap memiliki efek yang sama setelah mengkonsumsinya, seperti keju atau makanan yang diolah dari bahan kedelai.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline