58 Titik Panas Sumatera, Riau Bakal Hujan

Hujan-Turun-di-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Satelit Tera dan Aqua masih memantau 58 titik panas di tersebar di Sumatera. Provinsi Sumatera Selatan masih menjadi daerah penyumbang titik panas paling bantak mencapai 48 titik, disusul Lampung lima titik dan Bangka Belitung empat titik. Sedangakan di wilayah Riau terpantau satu titik panas tepatnya di Bengkalis.

 

"Tingkat kepercayaan di Riau di atas 70 persen atau nihi titik panas," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru, Sugarin Widayat, Selasa (9/11/2015). (KLIK: Pemprov Kepri Tolak Izin Perusahaan Sawit)

 


Menurut Sugarin, wilayah Riau hingga kini masih berpeluang mengalami hujan dalam intensitas ringan hingga sedang. Bahkan hujan bakal terjadi disertai petir dan angin kencang di sebagain besar wilayah Riau. "Hujan terjadi pada sore, malam atau pagi dinihari," katanya. (BACA: 4 Sektor Ekonomi Ini Menjerit Akibat Asap Riau)

 

Sugarin menyebutkan, hujan yang mengguyur Riau dua pekan terakhir turut membantu kualitas udara kembali membaik setelah hampir tiga bulan lamanya dikepung kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan. Jarak pandang di sejumlah daerah cukup baik seperti di Pekanbaru mencapai radius 3000 meter, Rengat 6000 meter, Dumai 5000 meter dan Pelalawan 4000 meter. "Temperatur maksimum 31.0-33.5 derjat calcius," katanya.