Aktual, Independen dan Terpercaya


Transmisi Gas Duri-Dumai DIsebut Mampu Hemat Biaya Operasional 40 Persen

pipa-gas-lpg.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Azhar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Unit Manager Comm Relations & CSR RU II Dumai PT Pertamina Gas, Muslim Dharmawan mengatakan bahwa Proyek pipa transmisi gas Duri-Dumai PT Pertamina Gas tahap II yang telah mengalirkan gas (gas in) menuju Refinery Unit II Dumai PT Pertamina (Persero) mampu menghemat biaya operasional hingga 40 persen.

Pasalnya, proyek yang dimulai pembangunannya sejak November 2017 lalu ini menggunakan bahan bakar yang dipasok secara internal dengan menggunakan fuel oil, naptha dan fuel gas yang diproduksi RU II Dumai.

"Pemanfaatan gas eksternal ini merupakan salah satu strategic initiatives RU II Dumai untuk meningkatkan Gross Refinery Margin yang sejalan dengan estimasi 40 persen penghematan fuel cost," sebutnya melalui rilis, Rabu, 24 April 2019.

Sehingga diharapkan proyek ini dapat memperkuat komitmen Pertamina grup dalam mendukung pembangunan infrastruktur nasional.

Pada kesempatan yang sama, Corporate Secretary Pertagas, Fitri Erika mengatakan pada tahap I proyek pipa gas transmisi Duri-Dumai sudah mengalirkan gas ke konsumen PT PGN Tbk. sejak 24 November 2018 lalu.

Dimana proyek ini merupakan Pipa Transmisi open acces yang pemakainya hanya diperuntukkan bagi konsumen PGN dan Pertamina RU II Dumai.

Untuk pasokan gas berasal dari sumber di gas Blok Bentu (dioperasikan oleh PT EMP Tbk), Blok Corridor (dioperasikan oleh ConocoPhillips), dan Blok Jambi Merang (dioperasikan oleh Pertamina).

Proyek pipa transmisi gas Duri-Dumai merupakan KSO (Kerjasama Operasi) antara Pertagas dan PGN. Pipa dengan kapasitas alir 268 MMSCFD ini memiliki diameter 24 inchi.

Konstruksi dilakukan dua tahap. Pada tahap I membentang dari St. Duri ke LBCV 4 (Line Break Control Valve) dan selanjutnya dilanjutkan tahap 2 dari LBCV 4 ke RU II Dumai.

"Sedangkan pada tahap ke II, pipa gas sepanjang 67 km dibangun untuk memenuhi kebutuhan kilang RU II Dumai Pertamina. Untuk sementara, pipa gas transmisi ini akan mengalirkan gas ke RU II Dumai sebesar 22.7 MMSCFD," jelasnya.

Proyek pipa transmisi gas Duri-Dumai PT Pertamina Gas atau Pertagas tahap II secara resmi telah mengalirkan gas (gas in) ke Refinery Unit II Dumai PT Pertamina (Persero).