Aktual, Independen dan Terpercaya


BPN Kirim Utusan Mengawal Pengusutan Surat Suara Yang Tercoblos di Malaysia

Ilustrasi-coblosan-pemilu.jpg
(internet)

RIAUONLINE - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandiaga mengirimkan anggotanya ke Malaysia untuk mengawal pengusutan surat suara yang tercoblos pada gambar Capres - Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi - Maruf Amin. Surat suara tercoblos itu ditemukan para relawan pendukung Prabowo - Sandiaga yang bermukim di sana.

Direktorat Advokasi dan Hukum BPN, Dasco Sufmi Ahmad mengatakan bahwa kabar penemuan itu sudah beredar sejak semalam. Para relawan pendukung Prabowo - Sandiaga lah yang menemukan adanya penimbunan surat suara yang sudah tercoblos.

"Iya memang relawan 02, nggak mungkin relawan 01 lapor polisi," kata Dasco saat dihubungi Suara.com, jejaring RIAUONLINE, Kamis (11/4/2019).

Setelah adanya penemuan tersebut, Dasco kirimkan 3 anggota Direktorat Advokasi dan Hukum BPN ke Malaysia untuk mengawal jalannya pemeriksaan adanya dugaan kecurangan tersebut.

"Dari BPN ada tiga orang ngurusin sama Panwaslu di sana," pungkasnya.

Untuk diketahui, Beredar video viral surat suara untuk Pilpres 2019 yang telah tercoblos pada gambar Capres nomor urut 01 Jokowi - Maruf Amin di Bandar Baru Bangi, Malaysia.

Tak hanya itu, lembar surat suara untuk caleg Partai Nasdem juga sudah tercoblos. Video ini kali pertama diunggah oleh mantan Kasum TNI JS Prabowo melalui akun Twitter @marerteman.

Dalam video itu tampak beberapa orang menggerebek kios kosong berisi surat suara yang disebut telah tercoblos.

"Apakah ini yang dimaksud Panglima TNI @tjahjantohadi pihak yang ingin mengacaukan pemilu? Ada kertas suara yang diketahui tercoblos 01 @jokowi dan @nasdem," kata JS Prabowo seperti dikutip Suara.com, Kamis (11/4/2019).