Aktual, Independen dan Terpercaya


Debat Capres Kedua, Jokowi Siap Menangkal Serangan Prabowo

Prabowo-dan-Jokowi-naik-kuda.jpg

RIAUONLINE - Pasangan Calon Presiden Jokowi - Ma'ruf Amin menyatakan siap menghadapi debat kedua Pilpres 2019. Jokowi juga siap menangkap berbagai serangan dari capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

"Ya sudah jelas lah. Jadi bisa diantisipasi," ujar Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN)Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Debat kedua akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Moeldoko, Jokowi sangat menguasai tema dan permasalahan dalam debat antarcapres ini.

"Secara substansi, (Jokowi) sudah sangat menguasai lah Beliau karena persoalan energi isu besarnya sudah ditangkap. Persoalan pangan, sumber daya, berikutnya infrastruktur, Beliau sudah sangat ngelotok lah, dengan berbagai persoalannya Beliau sudah sangat menguasai," jelasnya.

"Sehingga nanti, ketika debat yang sangat dinamis kita juga sudah menyiapkan berbagai critical point kalau terjadi sesuatu bagaimana," sambung Moeldoko.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan topik debat kali ini, merupakan kesempatan bagi Jokowi mengklarifikasi sejumlah isu yang menyerang dirinya. Untuk itu, Moeldoko menyebut debat kedua ini akan berjalan lebih bewarna daripada sebelumnya.

"Karena ini yang ditunggu-tunggu masyarakat. Persoalan infrastruktur isunya cukup kencang, persoalan energi cukup dinamis, saya pikir akan jadi pengayaan bagi pemirsa. Tapi juga kesempatan bagi pak Presiden menyampaikan, klarifikasi berbagai isu-isu yang harus diluruskan," kata Moeldoko.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menggelar debat caprespada pada Minggu 17 Februari 2019 di Hotel Sultan Jakarta. Dalam debat kedua ini, KPU akan memperbanyak interaksi antar kandidat.

Debat kedua yang hanya akan dijalani antarcapres ini, dibagi dalam enam segmen. Pertama berupa penyampaian visi-misi, segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis.

Kemudian, segmen keempat berupa debat eksploratif dengan pemantik diskusi berupa tayangan video singkat yang disiapkan tim panelis. Pada segmen kelima, kedua capres saling mengajukan pertanyaan bebas dan segmen keenam pernyataan penutup.

Pramono menyampaikan setiap pertanyaan yang diajukan masing-masing capres dalam dialog atau interaksi, tetap harus mengacu pada tema debat kedua yaitu isu energi, pangan, infrastruktur, sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul : Moeldoko: Jokowi Sudah Ngelotok dengan Tema Debat Capres Kedua