Jika Kaki Pegal, Jemaah Calon Haji Bisa Coba Cara Ini

ilustrasi-haji-dan-umrah.jpg
(internet)

RIAU ONLINE - Menjalani ibadah haji membutuhkan kondisi fisik yang prima. Perjalanan panjang dimulai dari Tanah Air ke Tanah Suci, lalu berkeliling Kakbah untuk tawaf, berlari-lari kecil, melontar jumrah, kemudian puncaknya adalah ibadah wukuf di Arafah.

Niat yang begitu besar untuk melaksanakan perintah Allah SWT dan mengharap ridho-Nya tentu akan jadi penyemangat beribadah yang tak ada habisnya.

Dalam kondisi tertentu, ada kalanya kaki jemaah calon haji terasa sangat pegal, nyeri, bahkan hingga kulitnya mengelupas dan berdarah.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

Melansir laman Liputan6, Minggu 19 Agustus 2018, salah satunya adalah dengan mengangkat kaki ke atas saat sudah berada di kamar. Sandarkan kaki di tembok dan luruskan. Kemudian tarik tumit hingga terasa sampai otot betis tertarik.

Lakukan selama sekitar 5 detik kemudian lepaskan. Tarik lagi tumit, lakukan hingga 8 sampai 10 hitungan.

Saat melakukannya, jemaah calon haji usahakan untuk mengatur napas dan membaca istigfar memohon kesehatan.

Gunakan Krim Pereda Nyeri

Anda juga bisa menggunakan krim pereda nyeri atau koyo. Diamkan selama semalaman. Untuk mempercepat pemulihan fisik, jangan lupa konsumsi vitamin B1, B6 dan B12 atau sering disebut B kompleks.

Lakukan peregangan ringan saat pagi hari saat bangun tidur atau sebelum beraktivitas.

Latihan pernapasan seperti yoga sebelum tidur untuk bisa membantu meredakan nyeri dan pegal.

Pastikan juga minum banyak air putih dan konsumsi buah. Hindari minum air putih dingin atau es. Lebih baik minum air zam-zam yang telah disediakan di tiap sudut Masjidil Haram.