Jangan Biarkan Stres Membelenggu Anda, Berikut 5 Cara Menguranginya

stres.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Padatnya aktivitas sehari-hari cukup memungkinkan membuat anda mengalami stres. Terlebih kegiatan yang dilakukan penuh tekanan dan tuntutan. Meski demikian, jangan biarkan stres membelenggu anda. Setidaknya ada 6 langkah mengurangi dan melepaskan stres sebagaimana dilansir dari laman Time:

1. Bersosialisasi

Memiliki koneksi sosial yang kuat terutama dengan orang-orang dekat dengan Anda dapat membantu meningkatkan kembali keseimbangan emosi. Curhat dengan sahabat atau orang tersayang tentang kondisi yang dialami membuat tubuh melepaskan hormon serotonin dan oksitosin yang membuat bahagia.

Menjalin hubungan baik dengan orang lain juga meningkatkan fungsi korteks prefrontal. Ini adalah bagian otak yang mengatur emosi dan membuat keputusan secara bijaksana.

2. Fokus pada kondisi sekarang

Lindungi diri dari stres jangka panjang dengan melatih fokus pada hal yang terjadi saat ini. Bila pikiran kembali melayang pada ketakutan atau kecemasan yang belum terjadi atau masa lalu, coba tarik kembali agar fokus di masa sekarang. Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan diri menghindari respons stres yang berlebihan.

3. Kontrol stres

Kurangnya kontrol dalam diri adalah faktor pendorong stres kembali hadir. Berusahalah agar dapat mengontrol emosi.

4. Aktif secara fisik

Aktivitas fisik secara langsung dapat menekan produksi kortisol. Aktivitas fisik juga mendukung agar otak lebih mampu melakukan pengendalian diri.

5. Hindari alkohol

Ketika stres terasa begitu berat, banyak orang yang mencoba mengalihkannya dengan mengonsumsi minuman beralkohol. Padahal, mengonsumsi alkohol dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit seperti jantung dan gangguan lainnya.

6. Tidak ada jalan pintas hadapi stres

Sadari bahwa stres tidak dapat hilang secara sekejap. Manfaatkan koneksi sosial, mindfulness dan pengendalian diri adalah cara terbaik untuk menghadapi stres.

Artikel ini lebih dulu tayang di Liputan6.com dengan judul: 6 Langkah Kelola Stres agar Hidup Lebih Bahagia