Pemerintah Jokowi Mau Impor Gula dari Malaysia?

Gudang-gula.jpg
(Kompas.com)

RIAUONLINE, JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tengah menjajaki potensi kerja sama dengan Malaysia terkait komoditas gula.

Peluang impor gula dari Malaysia pun kini terbuka seiring pembahasan yang berlangsung di antara kedua belah pihak.

Senin, 26 Novembe 2018 kemarin, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menerima kunjungan Menteri Perdagangan Dalam Negeri Hal Ehwal Pengguna (PDNHEP) Malaysia Datuk Seri Saifuddin Nasution Ismail.

Keduanya membahas potensi kerja sama Indonesia dan Malaysia dalam hal usaha dagang di sektor komoditas gula.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak memaparkan tentang kondisi industri gula di negara masing-masing.

Dari diskusi tersebut, bukan tidak mungkin Malaysia akan mengekspor gula ke Indonesia mengingat ketersediaan gula mereka berlimpah.

"Surplus produksi gula domestik Malaysia bisa dimanfaatkan oleh Indonesia untuk pemenuhan kebutuhan gula dalam negeri [RI]," kata Rini sebagaimana dikutip dari akun Instagram resmi milik Kementerian BUMN, Selasa 27 November 2018.

Sebagaimana tindak lanjut rencana itu, kedua negara telah menunjuk perwakilan delegasi yang akan mengkaji secara komprehensif potensi kerja sama tersebut.

Badrul Hisham Mohd selaku Timbalan Ketua Setiausaha Perdagangan Dalam Negeri (PDN) ditunjuk sebagai perwakilan dari Malaysia, sementara Wahyu Kuncoro selaku Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN ditunjuk sebagai perwakilan dari Indonesia.

"Namun demikian, kami terlebih dahulu akan mempelajari secara lebih detail dan komprehensif mengenai potensi kerjasama tersebut. Sebab, PTPN Grup juga saat ini tengah berupaya keras dalam meningkatkan produksi gula Nasional lewat proyek revitalisasi pabrik gula," lanjut Rini.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengaku hingga saat ini belum ada rencana pasti untuk mengimpor gula dari Malaysia.

"Nggak, nggak ada," jawabnya singkat di kantor Kemenko Perekonomian, Selasa 27 November 2018.

Oke mengaku pihaknya tidak ikut serta dalam pertemuan penjajakan potensi kerjasama perdagangan komoditas gula antara Kementerian BUMN dan Malaysia.

"Silahkan jajaki tapi saya tidak menerbitkan izin impor [soal itu]. Saya nggak ikut membahas soal Malaysia, makanya saya tidak bisa berkomentar," kata Oke.

Tulisan ini sudah tayang di CNBCIndonesia.com dengan judul "Wah! Pemerintahan Jokowi Mau Impor Gula dari Malaysia"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id