Usai Mundur dari Alibaba, Karir Apa yang Bakal Dijalani Jack Ma?

Jack-Ma-Pendiri-Alibaba.jpg
INTERNET
JACK MA, pendiri Alibaba, perusahaan teknologi terbesar di China.


RIAU ONLINE - Pendiri Alibaba Jack Ma membuat pengumuman mengejutkan pekan lalu. Ia menyatakan akan mundur sebagai kepala perusahaan jual beli daring terbesar di dunia itu. Hal ini memicu diskusi terkait karir apa yang akan ia jalani berikutnya dan apakah pemerintah China berada di balik keputusan itu.

Menurut beberapa analis, pemerintah ingin meningkatkan pengaruhnya atas raksasa global China, seperti Huawei dan klub BAT, Baidu, Alibaba dan Tencent. Namun, langkah itu tidak akan banyak membuka peluang bagi pengusaha besar dan independen seperti Jack Ma.

Sementara, Ma dan pemerintah China belum memberi komentar secara terbuka tentang spekulasi terkait motivasi pengunduran diri Ma, seperti dilansir dari VOA Indonesiajaringan RIAUONLINE.CO.ID.

Banyak yang percaya bahwa Beijing harus meningkatkan diplomasi ekonominya saat negara itu justru menghadapi tantangan berat perdagangan dari pemerintah Trump di Amerika, dan bila ingin melihat perusahaan domestik mengambil pendekatan berdasar kebijakan dan bukan hanya berfokus pada pengambilan keuntungan.

Perusahaan-perusahaan China yang menembus pasar internasional adalah bagian penting diplomasi ekonomi Beijing. Sejauh ini, Alibaba sangat efektif karena membeli saham berbagai perusahaan asing dan membantu ekspor barang-barang China melalui toko daringnya.

Namun analis meyakini, langkah karir Ma selanjutnya akan menjawab pertanyaan apakah keputusannya terkait rencana permainan China dalam bidang diplomasi ekonomi?

Berita ini sudah tayang di VOA Indonesia, dengan judul Karir Apa yang akan Dijalani Jack Ma setelah Mundur dari Alibaba?

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id