Daerah Pedalaman dan Perbatasan Jadi Target Bank Indonesia

Penukaran-Uang-di-Bank-Indonesia.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ULTI DESI ARNI)

Penulis: Wilna Sari


RIAU ONLINE, PEKANBARU – Daerah-daerah di Riau yang berbatas langsung dengan negara tetangga, menjadi target Badan Supervisi Bank Indonesia Perwakilan Pekanbaru.

 

Lembaga ini akan melakukan peningkatan distribusi mata uang Rupiah ke wilayah perbatasan dan daerah terpencil di Riau. Ini sesuai dengan tugas mereka mengelola distribusi uang di daerah dalam program pengedarannya.

 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pekanbaru, Ismet Inono mengatakan, pengedaran Rupiah ini dilakukan dengan menjalankan kas keliling dan kas titipan di berbagai daerah kabupaten atau kota di Riau.

 

(Baca Juga: Ibu Menjadi Alasan Dirut Bank Riaukepri Pulang ke Riau

 

”Untuk kas keliling, hampir setiap kabupaten dan kota sudah kami masuki, seperti kas keliling di pasar-pasar daerah setempat,” katanya pada Focus Group Discussion “Peran dan Tata Kelola Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam Hubungannya dengan Pemangku Kepentingan daerah, Jumat (5/2/2016).

 

Sementara itu, untuk program terakhir, BI telah merealisaikan kas titipan, seperti di Dumai sejak 17 November 2015 lalu dengan pelaksana dari Bank BRI cabang Dumai.

 

Selain mengucurkan dana kredit atau dropping, tuturnya, bank dilibatkan dalam kerja sama ini juga melakukan penarikan Penyetoran Uang Tidak Layak Edar (UTLE). Tujuannya, menjamin pemenuhan kebutuhan Rupiah di daerah dalam jumlah cukup dan layak edar.

 

“Pada kas titipan ini kami memberdayakan perbankan untuk melakukan penarikan uang lusuh. Karena tingkat kelusuhan uang di daerah sangat tinggi sekali. Kita lihat uang pecahan Rp 10 ribu ke bawah, nyaris warnanya berubah karena sudah sangat kotor dan lusuh. Jadi kita ingin masyarakat lebih nyaman bertransaksi dan menciptakan kecintaan kepada uang Rupiah,” katanya.

 

(Klik Juga: Mahasiswa Patani Thailand Selatan Senang Belajar di Pekanbaru

 

 

Adapun 13 kas keliling terdapat di beberapa kabupaten atau kota, antara lain Taluk Kuantan, Pasir Pangarayan, Bengkalis, Selat Panjang, Dumai, Duri, Pelalawan, Tembilahan, Siak, Rengat, Ujung Batu dan Bagan Batu.

 

Sedangkan 20 kas keliling dalam kota khususnya Pekanbaru, yaitu Pasar Arenka, Pasar Panam, Pasar Rumbai, Pasar Ramayana, Pasar Sail, Pasar Bawah, Pasar Dupa, dan Pasar Kodim.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline