Dimulai di Mal Pekanbaru, Festival Kuliner Riau 2017 Bergilir di 8 Pusat Perbelanjaan

Festival-Kuliner-Riau-2017.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/NANDA FADILLA SARI)

Laporan: RIDHATUL HAYATI 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Selama sebulan penuh digelar Pameran Kuliner dan Belanja bertajuk Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) 2017, 27 September-27 Oktober 2017.

Penyelenggaraannya digilir di delapan mall yang ada di Pekanbaru. Mal Pekanbaru menjadi tempat penyelenggaraan perdana sekaligus pembukaan acara.

"Festival ini merupakan ajang promosi bagi kami, terutama untuk UMKM. Mereka dapat memperkenalkan kuliner lokal maupun kerajinan lokal kepada para pengunjung mal yang ada di Pekanbaru" kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, diwakili Sekretaris Dinas Pariwisata, Ardiansyah Eka Putra, Rabu, 27 September 2017, saat membuka acara di Mall Pekanbaru.

Acara ini dibuka secara simbolis dengan Live Cooking oleh Ardiansyah Eka Putra. Festival tersebut melibatkan 40 UMKM. Pengunjung bisa mencicipi beberapa kuliner lokal dan kerajinan lokal dari daerah mereka masing-masing. 

Baca Juga: 

Gara-Gara Tak Dilengkapi Kajian Akademis, Wisata Kuliner Riau Gagal Lolos

Riau Pecahkan Rekor MURI Kuliner Sagu Terbanyak

Didampingi Bujang dan Dara Riau 2017, Arya Purnama dan Zakia Sanla, Sekretaris Dinas Pariwisata Riau, Hardiansyah Eka Putra mengatakan, mereka mencoba mendorong atau membantu mengembangkan UMKM berperan aktif dan pengusaha mengembangkan usahanya dengan baik.

Festival Kuliner Riau 2017

"Kami akan menjadi fasilitator dalam membantu mempermudah perizinan, pemberian kegiatan, menata kota menjadi sangat menarik dan menjadikan Provinsi Riau sebagai "Bandaraya Melayu" tuturnya. 

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Provinsi Riau, Megawati menjelaskan, mereka sangat berharap acara ini dapat dijadikan sebagai ajang promosi pariwisata, kuliner budaya dan belanja kepada wisatawan dan pengunjung.

"Kalaulah saja hari-hari ke depannya pengusaha muda bergerak maju maka tentulah Provinsi Riau ini akan menjadi luar biasa," harapnya. 

Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Kota Pekanbaru, Viviana Hanifa, mengatakan, H-2 pendaftaran WICSF, pelaku UMKM yang mendaftar sudah membludak.

"Harga stand yang sangat murah, sehingga mungkin belum masuk mal, bisa masuk mal untuk bisa memperkenalkan kuliner atau kerajinan," tuturnya. 

Acara yang berjalan selama sebulan penuh ini akan berkeliling di anatara 8 mal yang ada di Pekanbaru. Antara lain, Mal Pekanbaru (MP) 27 September-1 oktober, Mall Ciputra, PTC dan MTC (5 -8 Oktober), Sadira Plaza dan Plaza Citra (11-15 Oktober) Senapelan plaza dan Mandau City (19-22 Oktober), terakhir Mal SKA (25-29 Oktober). 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id