Segarnya Udara di Marina Bay Garden By The Bay

GARDEN-BY-THE-BAY.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/WINAHYU)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Taman terbesar di Singapura berlokasi di tepian Marina Bay, Gardens By The Bay, jangan dilewatkan bila Anda berkesempatan mengunjungi Singapura. Keindahan taman dengan semua yang ada di dalamnya akan memukau semua orang yang datang berkunjung.

 

Lokasinya hanya berjarak 5 menit dari pusat kota Singapura. Arsitekturnya sangat modern, alami dan sangat artistik.

 

Taman ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Bay South dan Bay East. Disini pengunjung akan menemukan Supertrees dengan ketinggian 16 lantai. Pohon super ini menjulang ke angkasa hingga 16 lantai, dan bisa membawa Anda melihat keseluruhan kota.  Pengunjung bisa menyeberang dari satu pohon ke pohon lain melalui jembatan yang ada di puncak Supertrees. (BACA JUGA: Menilik Kawasan Wisata 'Raja Ampat' Mandeh di Pessel)

 

Semantara di bagian timur, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hutan tropis, taman bunga, lokasi berjalan-jalan, hingga lokasi piknik dengan pemandangan perairan Teluk Marina yang sangat indah. Area bagian timur ini bisa digunakan sebagai tempat melepas lelah, bermain bersama keluarga, atau bahkan melakukan aktivitas olahraga seperti jogging dan bersepeda.

 

Fasilitas utama di Gardens By The Bay adalah Flower Dome, Cloud Forest Dome dan OCBC Sky way.

 

Flower Dome adalah sebuah kubah konservasi yang memuat ribuan jenis bunga dari berbagai belahan dunia. Dekorasi di dalam kubah ini akan berubah-rubah sesuai dengan event besar yang sedang berlangsung seperti Perayaan tahun baru, hari raya imlek, lebaran dan juga hari-hari besar lainnya.

 

Flower Dome

 

Tanaman ditata indah sesuai konsep. Ada konsep taman hutan tropis Asia, taman kaktus hingga konsep taman-taman di belahan dunia lainnya.

 

"Bunga-bunga di sini sangat indah dan natural seperti di habitat aslinya," kata Sari, wisatawan asal Indonesia yang kagum keindahan Flower Dome.

 

Cloud Forest Dome adalah dome yang bisa membuat Anda berdecak kagum. Sewaktu Anda baru masuk, Anda akan langsung disambut dengan sebuah air terjun buatan yang indah. Tema dari kubah konservasi yang satu ini adalah Hutan Tropis. Jadi Anda benar-benar sedang merasa masuk ke sebuah hutan tropis yang sangat mendamaikan jiwa, sejuk dan berembun.

 

Di kubah ini, suhunya cukup dingin ditambah dengan percikan air terjun yang cukup deras bisa membuat Anda sedikit kebasahan. Untuk itu pengunjung perlu mempersiapkan jaket pelindung di areal ini.

 

"Udara di sini juga sangat segar seperti di daerah pengunungan," kata Usman. (KLIK: Inilah Aksi-aksi Menarik dari Pacu Sampan Leper)

 

OCBC Skyway sebuah jembatan yang menghubungkan beberapa supertree 'avatar' yang ada. Dari atas OCBC Skyway Anda bisa melihat pemandangan yang luar biasa indah. Karenakan jembatan tersebut berada di atas pohon-pohon supertree membuat Anda seperti benar-benar di atas langit. Itulan mengapa diberikan nama skyway. Tiket OCBC Skyway dijual terpisah dari tiket kedua konservasi.

 

Super Tree di Gardens By The Bay ini dijadikan media untuk tanaman merambat yang dibangun dengan tinggi antara 22 meter hingga ada yang 50 meter tingginya. Strukturnya terbuat dari baja besi yang kokoh yang dibuat dengan desain yang sangat anggun sehingga tanaman merambat tersebut membentuk sebuah pohon raksasa yang sungguh indah.

 

Dengan memiliki luas sebanyak 101 hektar, setengah dari lahan ini akan dipenuhi taman botanikal yang akan menjadi bagian dari National Parks Board’s Gardens by the Bay Project. Taman ini rencananya bukan hanya didesain secara horisontal, namun juga vertikal. Caranya adalah memenuhi tiang-tiang dengan berbagai tumbuh-tumbuhan hingga ketinggian 25 meter atau bahkan 50 meter. Taman ini akan dipenuhi oleh jutaan flora langka dan flora yang masuk dalam daftar konservasi.

 

Jika Anda berlibur dengan anak-anak Anda, bawalah mereka ke taman bermain anak-anak yang berada di dekat Satay by the bay. Gratis, tidak perlu tiket masuk. Di sini ada satu area yang dipenuhi dengan air mancur dimana anak-anak bisa bermain air sepuasnya. Juga ada playground untuk anak-anak jika Anda tidak bawa baju ganti dan tidak mau kebasahan.