SDN 07 Sungai Niur Siak Kembangkan Kreativitas Anak Lewat Kurikulum P5

Kepsek-SDN-07-Niur-siak.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK - SD Negeri 07 Sungai Niur, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau memiliki program kreatif untuk anak-anak dalam meningkatkan kreativitas. Sekolah ini mengusung kurikulum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Kurikulum ini sesuai dengan kurikulum merdeka yang dilaksanakan di setiap satuan pendidikan saat ini.

Kepala SDN 97, Ranti Elvira mengutip buku Panduan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dikeluarkan oleh Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Ranti menjelaskan P5 sebagai sarana pencapaian profil pelajar pancasila yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mendalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter.

"Tak hanya itu, ini sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya tentang tema-tema atau isu penting seperti, perubahan iklim, anti radikalisme, teknologi, kehidupan demokrasi, budaya dan tema kewirausahaan," ujar Ranti, Senin, 18 Desember 2023.

Ranti menyebutkan SDN 07 Sungai Niur mengusung tema kewirausahaan yang dilaksanakan sepanjang semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dan dirayakan, Senin, 18 Desember 2023.

"Saat Bazar dengan judul Pasar P5, anak-anak dapat meningkatkan kreativitas dan menemukan ide pengolahan buah dan sayur menjadi suatu produk makanan yang diminati,” terangnya.


"Selain itu juga untuk melatih jiwa enterpreneur peserta didik sekaligus menanamkan nilai-nilai Pancasila selama proses pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek," lanjutnya.

Kata Ranti, model  pembelajaran berbasis proyek  memberikan peluang kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis, pemecahan masalah, dan kreativitas.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan SDN 07 Sungai Niur yakni menentukan tujuan pembelajaran, pemilihan proyek makanan apa yang akan dibuat dari buah dan sayur.

Selanjutnya, pembentukan tim yang terdiri dari siswa dan orang tua, merencanakan langkah-langkah proyek dan penilaian yang dilakukan bersama guru, siswa dan orang tua siswa pada saat perayaan proyek.

Meski begitu, menurutnya, orang tua berperan penting dalam mendukung keberhasilan P5 di SDN 07 Sungai Niur.

"Dalam hal ini, sekolah terbuka terhadap kontribusi dan masukan dari orang tua, sehingga program ini dapat lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa." harapnya.

Dengan melibatkan orang tua, Ranti berharap, dapat meningkatkan partisipasi dalam kegiatan sekolah, mendukung tugas-tugas rumah, dan memotivasi anak-anak untuk mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, Ranti menilai sistem evaluasi dan pemantauan berkelanjutan juga tidak kalah penting untuk dikembangkan agar dapat mengukur efektivitas program P5 ini.

"Kegiatan ini melibatkan feedback dari orang tua, guru, dan siswa untuk terus memperbaiki dan mengembangkan program agar tetap relevan dan bermanfaat." pungkasnya.