Puluhan Bacaleg NasDem Teken Pakta Integritas, Target Pimpinan DPRD Siak

Surya-Paloh3.jpg
(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

RIAU ONLINE, SIAK- Puluhan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Partai NasDem di Kabupaten Siak menandatangani pakta integritas untuk komitmen terhadap aturan partai.

 

Penandatanganan tersebut berlangsung mulai Senin sampai Jumat 23 September 2022  ini di Kantor NasDem, Kota Siak Sri Indrapura, Riau.

 

"Jumat ini terakhir. Semua Bacaleg DPRD Siak 2024 dari NasDem wajib teken pakta integritas ini," kata Sekretaris NasDem Siak, Marzuki di Siak.

 

Pria yang akrab disapa Zuki ini menjelaskan, tujuan lain pakta integritas ini juga untuk mengantisipasi pandangan negatif terhadap kinerja para wakil rakyat.

 

 

Selain itu, hal ini juga bagian dari persiapan NasDem untuk menghadapi Pileg 2024 di Kabupaten Siak.

 

"Target kita kali ini pimpinan DPRD. Maka itu sejak awal kita 'ikat' kawan-kawan Bacaleg agar tidak lari ke partai lain," ujar Zuki sambil tersenyum.

 

Zuki mengaku, masyarakat Kabupaten Siak sangat antusias menggunakan perahu Nasdem dalam pencalonan legislatif 2024.

 

Ini terlihat dari jumlah yang menandatangani pakta integritas mencapai 56 orang atau melebihi kuota bakal calon legislatif yang bertarung di setiap daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Siak.

 

Jika berkaca pada Pileg 2019, hanya ada empat daerah pemilihan di Kabupaten Siak. Yakni Dapil I meliputi Kecamatan Siak, Bungaraya, Pusako, Sungai Apit, Mempura dan Sabak Auh memperebutkan 11 kursi DPRD.

 

Lalu, Dapil II Kecamatan Lubuk Dalam, Dayun, Kerinci Kanan dan Koto Gasib memperebutkan 9 kursi DPRD.

 

Terus, Dapil III Kecamatan Tualang memperebutkan 10 kursi DPRD. Dan, Dapil IV Kecamatan Kandis, Minas dan Sungai Mandau memperebutkan 10 kursi DPRD.

 

"Memang rame yang mau ikut lewat NasDem. Tentu kita akan seleksi lagi. Penandatanganan ini baru tahap pertama. Akan ada selanjutnya," ujar politisi muda asal Kecamatan Sungai Apit ini.

 

Melihat antusias itulah maka Zuki yakin Partai NasDem pada Pileg 2024 di Siak setidaknya berada diurutan kedua atau salah satu pimpinan DPRD Siak.

 

 

 

Apalagi, track record partai besutan Surya Dharma Paloh ini di Kabupaten Siak terbilang mentereng. Dua kali menang sebagai partai pengusung di Pilkada Siak (2015-2020).

 

"Kalau sekarang, hanya 2 kursi Partai NasDem di DPRD Siak. Pileg 2024, Insya Allah minimal 7 kursi. Melihat antusias tokoh pemuda, agama dan masyarakat yang bergabung, kita yakin itu tercapai," pungkasnya.