Polres Bengkalis Terjunkan Tim Undercover Sikat Politik Uang di Pilkada

Mapolres-Bengkalis3.jpg
(Andrias/Riau Online)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkalis bersama sentra Gakkumdu melaksanakan apel bersama dan pelepasan patroli Money Politik di halaman Mapolres Bengkalis, Rabu 2 Desember 2020 pagi. 

 

Apel bersama yang dipimpin Ketua Bawaslu Mukhlasin SSos kemarin dihadiri Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan SIK MT, Sekda H Bustami HY, Kasi Pidum Kajari Bengkalis Imanuel Tarigan SH. Juga dihadiri berbagai eleman yang ikut mengawasi Pilkada 9 Desember ini. 

 

 

 

"Politik uang harus kita tolak. Mari bersama cegah politik uang dari sekarang," kata Mukhlasin.

 

Dikatakannya, apel ini dilakukan untuk mencegah dan mengawasi agar tak terjadinya politik uang pada Pilkada. 

 

"Makanya kita juga membentuk satgas anti politik uang. Kemudian melakukan patroli bersama. Ini untuk mencapai Pilkada Bengkalis bersih, aman dan damai. Bebas politik, SARA, hoaks dan lainnya," kata Mukhlasin lagi. 

 

Bawaslu sendiri sudah menyiapkan 1.085 pengawas tersebar di setiap kecamatan. Bahkan sudah membuat posko pengaduan jika terjadi tindakan politik uang.

 

"Sekali lagi politik uang cara kotor dan merusak tatanan demokrasi negeri ini," jelasnya. 

 

Patroli dan pengawasan terjadinya transaksi politik uang dilakukan tim hingga hari pemilihan di TPS.

 

"Petugas akan bekerja hingga hari H Pilkada. Tim kita akan bekerja maksimal di lapangan," jelasnya.

 

Saat ini, kata Mukhlasin pihak Bawaslu juga menyiapkan posko pengaduan di setiap kecamatan. Dengan ada posko ini diharapkan masyarakat bisa membuat pengaduan jika terjadi politik uang. 

 

Sementara itu, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan SIK MT juga akan menyiapkan tim bersama Sentra Gakkumdu untuk mencegah terjadinya politik uang. 

 

"Kita menyiapkan tim under cover untuk menindak pelaku politik uang. Ini dilakukan agar Pilkada Bengkalis bebas dari money politik," jelas Kapolres AKBP Hendra Gunawan. 

 

Hal serupa disampaikan Sekda Bengkalis H Bustami HY, dirinya menegaskan apa yang dilakukan Sentra Gakkumdu Bengkalis sangat tepat. 

 

"Dengan dilakukannya patroli dan pengawasan tindak politik uang ini, membuat Pilkada Bengkalis bersih dan aman," jelas Bustami. 

 

Menurut Bustami dengan dilakukan patroli dan pengawasan ini para pihak yang berniat tak baik (melakukan money politik) mengurungkan niatnya.

 

"Jadi pencegahan ini harus dilakukan sebelum Pilkada dilaksanakan," lanjutnya. 

 

 

Setelah apel bersama, Sekda Bengkalis Bustami HY bersama Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan SIK MT juga melepas kendaraan Satgas Patroli Money Politik.

Kendaraan patroli ini juga langsung berkeliling di Kota Bengkalis. Juga melakukan razia di beberapa titik di Kota Bengkalis.