Aglonema Suskom Jaipong dan Red Sumatra jadi favorit Pecinta Bunga

penghobi-bunga.jpg
(andrias)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Menjalani hobi yang disukai menjadi kegiatan paling asik mengiis waktu luang, terlebih hobi tersebut merupakan hal positif dan membawa manfaat.

Hal itulah diucapkan, Hj Meriyana Zamzami, istri anggota DPRD Kabupaten Bengkalis di saat temui RIAUOLINE. Meriyana memiliki hobi mengoleksi segala macam jenis bunga hias cladium di antaranya, Aglonema hingga Monstera.

RIAU ONLINE berkesempan menyambangi kediamannya di Jalan Muslihun, Kota Bengkalis, Sabtu 31 Oktober 2020 petang. Saat memasuki halaman rumahnya, langsung disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata.

Beragam bunga tanaman Aglonema dan Monstera bahkan janda bolong yang lagi viral tertata rapi di samping dan depan halaman. Tanaman terlihat terawat dengan baik sehingga tumbuh dengan subur.

"Karena sudah hobi sejak dulu, dibilang repot mengurus bunga bunga ini ngak lah. Malah, karena hobi jadi asyik aja," ujar Hj Meriyana didampingi suami H Zamzami SH menerima RIAUONLINE.

Sambil memperkenalkan jenis koleksi tanaman bunganya, Hj Meriyana tiba tiba menunjukan jenis bunga dengan daun berwarna merah mengkilat yang tersusun rapi di posisi rak bunganya.

"Kalau bunga yang paling saya suka adalah bunga jenis Aglonema Suskom Jaipong dan Aglonema Red Sumatra," ujarnya semberi menunjukan bunga daun full berwarna merah.

Harga satu jenis bunga tersebut bervariasi, kisaran Rp 300 - 500 ribuan, dan relatif terjangkau.

"Bukan bunga janda bolong (berwarna hijau dan putih) sedang viral yang kabarnya harganya mencapai seharga satu unit mobil. Kalau itu, saya ngak sanggup belinya. Kalau pun ada, sempat mati kan rugi. Kita yang relatif terjangkau harganya saja," ujarnya sambil tertawa.

Diakui Hj Meriyana. Hobinya bertanam bunga yang sudah ditekuninya jauh sebelum masa pandemi dan bukan lagi viral-viralnya bunga Aglonema dan Monstera.

"Kebetulan saya dan bapak (suami) punya hobi yang sama, suka menaman. Malah terkadang, malah bapak yang paling banyak membeli bunga. Apalagi setiap tugas keluar kota dan pulangnya sempatkan membawa bunga," tambahnya.

Senada, H Zamzami dikenal merupakan politikus senior Partai Amanah Nasional (PAN) Kabupaten Bengkalis ini, mendukung kegiatan sang istri menjadikan halaman rumah disulap menjadi taman bunga tanpa ada sejengkal halaman tersisa.

"Kan kegiatan yang positif. Apalagi lagi di saat pandemi saat ini. Walaupun kita di rumah saja namun tetap punya kesibukan. Dan dengan menanam bunga ini, juga dapat menghilangkan stres," tutur Politisi PAN dengan canda khasnya.