Bawaslu Bengkalis Telusuri Ijazah Balon Wakil Bupati hingga ke Jawa Tengah

Bawaslu-Bengkalis.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkalis M Hary Rubianto, memastikan keabsahan seluruh dokumen para bakal pasangan (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis yang mendaftarkan diri pada Pilkada 2020 Bengkalis.

Bahkan menurutnya Bawaslu Bengkalis langsung menelusuri keabsahan dokumen ijazah mereka ke tempat para Bapaslon menimba ilmu.

"Kita bahkan sampai ke Pekanbaru, Medan dan Karang Anyar di Jawa Tengah untuk memastikan ijazah bakal calon yang mendaftar benar sekolah ditempat ijazah terbit," kata M Hary Rubianto, Selasa, 15 September 2020.

Hasil penelusuran keabsahan ini menyatakan memang benar bakal calon yang mendaftar ini memang benar tamatan alumni dari sekolah yang di datangi.

"Seperti yang saya telusuri di Karang Anyar, yang kita datangi membenarkan bahwa salah satu calon Wakil Bupati Bengkalis yang mendaftar di KPU Bengkalis benar tamatan sekolah di sana. Dikuatkan dengan surat pernyataan di sekolah di sana" tambah Hary.

Menurut Hary, dari pengawasan yang di lakukan Bawaslu Bengkalis sejumlah berkas Bapaslon Bengkalis terverifikasi kebenarannya.

Namun memang ada perbaikan dan catatan khusus terhadap berkas yang masuk.

"Pada intinya persyaratan Bapaslon kesalahan berkas memang ada. Tetapi tidak ada keselahan yang fatal yang bisa menggugurkan Bapaslon dalam tahapan pendaftaran ini," tambahnya.

Saat ini tinggal menunggu perbaikan beberapa kesalahan administrasi saja. Sebelum masa penetapan seluruh perbaikan sudah dilakukan.