Pandemi Covid-19, Penerimaan Siswa Baru Bengkalis Dilaksanakan Secara Online

agusli.jpg
(riaupotenza)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis Agusilfridimalis, mengatakan penerimaan siswa baru tahun ajaran 2020-2021 tetap dilaksanakan meskipun ditengah pandemi covid -19. Hanya saja pelaksanaan rencana akan dilakukan secara daring atau online.

"Untuk penerimaan siswa baru kita sudah keluarkan edarannya kepada masing-masing satuan pendidikan. Di mana kegiatan penerimaan akan berlangsung dari tanggal 16 sampai 27 Juni mendatang," katanya Senin, 1 Juni 2020.

Menurut Agus, penerapan pendaftaran online ini diserahkan sepenuhnya kepada satuan pendidikan. Mereka bisa menggunakan sejumlah aplikasi yang tersedia untuk proses pendaftaram calon siswa baru.

"Namun memang ada sebagian daerah yang tidak bisa melakukan penerimaan siswa secara online, karena jaringan internet tidak ada di daerah mereka. Untuk sekolah di daerah seperti ini bisa tetap membuka penerimaan siswa secara langsung datang ke sekolah," tambahnya.

Namun satuan pendidikan yang tidak menggunakan sistem online ini pihak Dinas Pendidikan meminta agar menerapkan protap Kesehatan.

"Seperti menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak fisik," terangnya.

Untuk sistem penerimaan siswa baru ini, secara umum sama dengan tahun sebelumnya dengan penerapan sistem penerimaan jalur zonasi, Afirmasi dan jalur perpindahan tugas orang tua siswa.
Untuk jalur zonasi satuan pendidikan harus menerima paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah.

"Sementara dari jalur Afirmasi sekolah harus menerima paling sedikit lima belas persen dari daya tampung sekolah. Sedangkan melalui jalur perpindahan tugas orang tua ini paling sedikit menerima sebanyak 5 persen dari daya tampung sekolah," terang Agus.

Selain penerimaan dari tiga jalur ini, sekolah juga bisa menerima siswa melalui jalur prestasi. Dengan jumlah kuota paling sedikit lima persen dari daya tampung.

Sementara itu, sampai saat ini menjelang penerimaan siswa baru satuan pendidikan di Bengkalis masih dalam kondisi libur sekolah. Libur sekolah seharusnya berakhir pekan kemarin namun pihak Dinas Pendidikan memperpanjang libur selama empat belas hari ke depan.

"Saat ini masih libur sekolah siswa juga sudah selesai ujian, ujian kenaikan kelaskan dilakukan dengan pemberian tugas dari guru mereka masing masing," pungkasnya.