Aktual, Independen dan Terpercaya


Mangkir Dari Panggilan KPK, Kemana Amril Mukminin?

Bupati-Bengkalis.jpg
(NET/Tribunnews)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Bupati Bengkalis Amril Mukmini mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK), beralasan mengikuti rangkaian kegiatan di Kecamatam Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

RIAUONLINE.CO.ID, menelusuri kegiatan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin sejak Rabu, 23 Oktober 2019. Kala itu, orang nomor satu di negeri junjungan itu melakukan kegiatan mendampingi Gubernur Riau, Syamsuar di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Tanpa terkecuali, istri bupati juga Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril hadir dan mendampingi dan mengikuti suamianya dalam kegiatan tersebut.

Adapun agenda yang dihadiri tersangka KPK itu, di antaranya peresmian budaya Mandi Safar Tahun 2019 di Pantai Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Masih mengekori Gubernur Riau, Syamsuar. Usai kegiatan budaya Mandi Safar, Amril Mukmini ikuti kegiatan peresmian tower PLN 20 Kilovol di Rupat.

"Peresmian Mandi Safar, dilaksanakan Rabu, 23 Oktober 2019 sekitar pukul 09.00 WIB pagi kemari langsung dibuka oleh Gubernur Riau dan Pak Bupati Bengkalis juga hadir," kata Camat Rupat Utara, Agus Syofyan, Jumat, 25 Oktober 2019 via phone.

Usai rangkaian kegiatan di Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. Gubernur Riau tampak didampingi Pj Sekdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie bertolak langsung pulang ke Pekanbaru.

"Pak Gubernur beserta rombongan duluan pulang agak siang. Sedangkan pak bupati bertolak sorenya," tambah Agus Syofyan.

Keberadaan Amril Mukminin di Kecamatan Rupat Utara juga dibenarkan oleh Tokoh Masyarakat Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Masnur.

"Bupati juga mengikuti peresmian tower PLN oleh Gubernur Syamsuar di Desa Titiakar. Bahkan siangnya rombongan Bupati Amril sempat makan di rumah pengusaha resto disini dan sorenya langsung pulang," tambah Masnur.

Kepala Bagian Humas (Kabag Humas) Pemkab Bengkalis, Muhammad Fadli, dihubungi Selasar Riau, mengatakan, orang nomor satu di Negeri Junjungan sedang berada di Pekanbaru.

"Tadi (hari ini) agenda Bupati di Pekanbaru. Beliau sedang mengikuti agenda di hotel Novotel, Pekanbaru," kata Muhammad Fadli, saat dikonfirmasi, apa agenda Bupati Amril Mukminin hari ini.

Saat didesak ada agenda apa di Hotel Novotel, Kabag Humas enggan menyebutkannya.

"Agenda beliau sedang di Pekanbaru di Novotel. Kegiatan apa saya lupa, " tambah Muhammada Fadli.

Saat ditanyakan kembali mengenai pemeriksaan Amril Mukminin oleh KPK? Fadli mengaku belum mendapat kabar. "Kalau kabar tersebut, saya tidak tahu," singkatnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bengkalis, Johansyah juga mengatakan, Bupati Amril sedang mengikuti agenda di Pekanbaru.

"Setahu saya, agenda beliau hati ini mengikut kegiatan di Novotel di Pekanbaru," singkat Johansyah.

Namun belakangan, Amril Mukminin mangkir dari panggilan KPK dengan alasan mengikuti serangkaian kegiatan di Rupat Utara.

"Tidak hadir (Mangkir). AMU (Amril Mukminin) mengirimkan surat, tidak bisa hadir karena surat baru diterima dan masih ada rangkaian tugas di Kecamatan Rupat Utara," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis malam, 24 Oktober 2019.