Andi Rachman Bangun Turap, Warga Medang Kampai Aman Dari Abrasi

AR-di-Turap-Dumai.jpg
(Hasbullah Tanjung)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Paslon Nomor Urut 4 Andi Rachman sudah membuktikan komitmennya dalam membangun infrastruktur di seluruh kabupaten kota, salah satunya pembangunan Turap di Dumai.

Ketua PAC Hanura Medang Kampai, Suryo Pujokusumo, saat kampanye dialogis dengan Andi Rachman mengatakan abrasi pantai di daerahnya sejak beberapa tahun terakhir cukup parah.

Dalam setahun, lokasi daratan rumahnya yang berada di pinggir pantai bisa hilang sekitar 6 meter.

"Untung sekarang sudah diturap. Jadi sudah aman. Kalau tidak, mungkin sudah habis rumah kami rubuh kena abrasi," ujarnya.

Memang turap ini dibangun menggunakan dana APBN usulan Provinsi Riau. Untuk Teluk Makmur, Pemprov Riau akan menuntaskan turap yang sudah terlebih dulu dibangun.

"Tahun ini akan dibangun 30 meter dengan anggaran sekitar Rp 800 juta. Secara bertahap akan kita atasi abrasi ini," ujar Andi Rachman.

Menurutnya peran turap ini sangat banyak. Selain untuk menahan abrasi, juga memperindah bibir pantai. Lokasi ini kemudian bisa menjadi objek wisata bagi Kota Dumai.

"Kalau sudah menjadi objek wisata, tentu akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat tempatan. Bisnis kuliner pasti ramai di tempat objek wisata ini. Belum lagi berbagai kegiatan ekonomi lainnya," ujanrya.

Yang jelas, pemerintahannya berkomitmen menyediakan infrastruktur pendukung aksestabilitas menuju objek wisata di Riau.(2)