Lima Mahasiswa Doktoral dari Swedia Belajar Pengolahan Sabut Kelapa Inhil

Studytour-pengolahan-sabut-kelapa.jpg

Laporan: M ZAENAL

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Lima mahasiswa dari Program Doktoral jurusan Design Teknik Lund University Swedia melaksanakan kunjungan ke Desa Sungai Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Kunjungan dari Universitas terkemuka Swedia ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan sabut kelapa di Indonesia terutama di Inhil.

Di sana, mereka langsung melihat pengolahan sabut kelapa. Misalnya, serat sabut cocofibre untuk dijadikan bahan baku packaging yang bernilai tinggi di negara Eropa.

Bukan hanya pengolahan sabut, mereka juga melihat secara dekat pengelolaan kelapa dalam dan kelapa hybrida oleh masyarakat setempat. Juga pembuatan arang kelapa dan pembuatan kopra putih

Kunjungan yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari, 11-12 Desember 2017 ini didampingi Perpekindo (Perhimpunan Petani Kelapa Indonesia) Riau serta Galih Batara Muda dari Jakarta dan dari PERPEKINDO Riau.

Selanjutnya, para rombongan juga mengunjungi pabrik sabut di Desa Penjuru Kecamatan Kateman. Rombongan di sambut langsung oleh pemilik satu satunya pabrik sabut di inhil Mr. Adi. Disamping menjelaskan proses industri sabut di tempatnya, Mr. Adi juga berharap kunjungan ini membuka peluang kerjasama dan riset tentang penggunaan sabut..

"Kami sangat bangga atar kunjungan ini apalagi kedatangan mahasiswa universitas terkenal dari Swedia. Semoga akan memperkenalkan sabut kelapa kami ke negara eropa yang nantinya akan membuka peluang ekspor cocofiber dan cocopeat ke Eropa," harap Adi, pengusaha kelahiran Inhil ini, Selasa, 12 Desember 2017.

Sedangkan kunjungan di Desa Beringin Mulya Teluk Belengkong. Para mahasiswa disambut oleh bapak Biwi Suwito pelaku usaha kopra putih Inhil yg telah memasarkan kopra putihnya ke India melalui Bangladesh.

"Di Tembilahan nanti, tim ini akan bertemu dengan Bupati Inhil, berkunjung ke tempat pembuatan gula kelapa, industri virgin coconut oil serta bertemu dengan civitas academika Universitas Islam Indragiri (UNISI). Semoga kunjungan ini membawa manfaat bagi petani kelapa khususnya dan masyarakat inhil pada umumnya," ujar Burhanuddin Rafik ketua Perpekindo Riau didampingi Mr Nawawi

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id