Kukerta Kebangsaan Ajak Siswa Peduli Lingkungan

Sosialisasi-Karhutla.jpg
(ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan Desa Sungai Linau, Kabupaten Bengkalis mengajak siswa Sekolah Dasar Negeri 14 untuk meningkatkan kesadaran peduli lingkungan. Acara sosialisasi dengan tema ‘Go Green School’ memberi pelajaran tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan kepada siswa. Dihadiri 90 siswa serta 10 orang majelis guru.

 

Pemateri Sriwidayani mengatakan, para siswa harus bisa mencintai lingkungan sejak dini, dapat dimulai dari hal terkecil seperti buang sampah pada tempatnya atau menanam bunga dilingkungan rumah. Menurutnya, siswa harus menyadari tindakan yang dilakukan dengan alam sekitarnya.

 

“Jika siswa tahu dan sadar untuk mencintai lingkungan atau hutannya, maka ia tidak akan berani untuk membakar dan merusak lingkungan saat dewasa nanti,” jelas Sriwidayani sambil menapilkan video soal lingkungan.

 

(BACA JUGA: Pertanyaan Mahasiswa Kukerta Kebangsaan Tak Bisa dijawab)

 

Guru mewakili Kepala Sekolah SD Negeri 14 Dedi Iskandar menyambut baik acara sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan oleh KKN Kebangsaan. Menurut Dedi, adanya mahasiswa yang datang ke sekolah akan memotivasi siswa untuk lebih aktif dan giat belajar di sekolah.

 

“Karena sudah ada contoh nyata yang mereka lihat, tidak hanya mendengarkan cerita guru atau orang lain. Disini mereka berinteraksi langsung dengan mahasiswa,” jelasnya.

 

Namun Dedi menyanyangkan siswanya masih kurang menyadari kebersihan sekolah. “Masih ada siswa yang buang sampah sembarangan. Maka kita buat piket sekolah untuk bersihkan sekolah khusus kelas empat dan lima yang dipandu oleh guru,” jelasnya.

 

(KLIK JUGA: KKN Kebangsaan 2015 Angkat Tema Pencegahan Karhutla)

 

Koordinator Desa KKN Kebangasaan Sungai Linau, Taufik mengaku senang kegiatan Go Green School bejalan lancar sesuai rencana tim KKN Kebangsaan Sungai Lianu.

 

“Walaupun ada hambatan seperti fasilititas yang minim,” ujanya.

 

Taufik berharap program tersebut dapat membentuk kesadaran dan kepedulian siswa SDN 014 Sungai Linau sejak dini, agar para siswa lebih paham lalu mempraktekkan materi yang di sampaikan.


“Membuat masyarakat peduli pada lingkungan, dimulai dari hal kecil seperti buang sampah pada tempatnya, merawat lingkungan dan hutan. Keluarga yang sehat akan membawa kesejahterahan, jika sejahtera maka akan rukun, dan damai. Tentunya jika sudah damai makan persatuan akan menyusul dan bisa memperkokoh perekonomian keluarga,” jelasnya. (rls)